Michelin Racik Ban Spesial Buat MotoGP Thailand Share this
MotoGP
Mode baca

Michelin Racik Ban Spesial Buat MotoGP Thailand

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 04 Oktober 2018

BURIRAM - Michelin, pemasok tunggal ban MotoGP mengklaim sudah menyiapkan ban spesial untuk para pembalap saat melakoni laga di Chang International Circuit, Buriram akhir pekan ini.

Kesigapan Michelin memberikan paket ban terbaik akan diuji lagi pada perhelatan MotoGP Thailand. Apalagi, ini adalah kali pertamanya sikruit tersebut menjadi penyelenggara MotoGP.

Februari lalu, semua tim dan pembalap sudah menjalani tes pramusim di Sirkuit Buriram. Selain berfungsi mencari basis setup motor, sesi tersebut juga dimanfaatkan Michelin untuk mencari data agar bisa meramu ban terbaik pada balapan.

Alhasil, Michelin menawarkan ban slick depan simetris dengan pilihan tiga kompon yaitu soft, medium dan hard. Namun, alokasi ban belakang berbeda karena Michelin menghadirkan ban tipe asimetris untuk semua kompon (soft, medium dan hard).

Desain ban asimetris ini memiliki ketebalan berbeda di mana sisi kanan lebih tebal dari sisi kiri. Bahkan, Michelin menyediakan dua jenis kompon untuk ban medium.

"Setelah tes pramusim di Buriram kami mendapatkan beberapa informasi yang sangat berharga. kami juga membawa ban belakang dengan desain khusus untuk trek ini. Sama seperti yang kami lakukan di Austria dan Australia karena ini merupakan sirkuit tak biasa dan butuh ban spesial," kata Pierro Taramasso, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager.

Taramasso melanjutkan ban ini benar-benar baru dan digarap setelah tes pramusim. Makanya pula akan ada dua pilihan kompon medium untuk ban belakang nanti.

"Sebelum mengalokasikan untuk tahun depan, kami punya dua tipe untuk membantu menentukan (kompon) mana yang paling cocok untuk trek di musim depan nanti. Dengan begitu, pembalap bisa mendapatkan pilihan ban terbaik demi hasil maksimal," lanjut Taramasso.

Namun, balapan dengan ban slick bisa saja batal dilakoni jikalau lintasan Buriram basah. Apalagi, saat ini di Thailand tengah musim hujan. Jadi, ada kemungkinan balapan terpaksa dijalani dengan ban basah.

Mengantisipasi hal ini, pihak Michelin sudah menyiapkan paket ban Power Rain. Ban depan tetap tipe simetris dengan ketersediaan kompon soft dan medium. Ban belakang soft asimetris, sementara untuk kompon medium tetap simetris.

"Kami berharap ini (hujan) tidak akan terjadi. Tapi, kami harus mengatasi apa pun yang dikirmkan alam kepada kami. Ini akan menjadi pertunjukan hebat bagi mereka (tim dan pembalap) dan pastinya pula Michelin punya peran di situ," tutupnya. [Ary/Ari]


Komentar