MG Didukung Penuh China untuk Masuk Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

MG Didukung Penuh China untuk Masuk Indonesia

Insan Akbar
pada 10 Maret 2020

JAKARTA – Morris Garages (MG) masuk Indonesia dengan langsung mengatasnamakan grup otomotif China SAIC Motor. Mereka mengakui SAIC Motor berada di belakang mereka.

Seperti diketahui, MG, merek mobil asal Inggris, mengadakan konferensi pers mengenai keberadaan mereka di Tanah Air pada 5 Maret 2020 kemarin. Model pertama mereka yang bakal meluncur di jagad otomotif Nusantara adalah sport utility vehicle (SUV) ZS.

“Kami PT SAIC Motor Indonesia (SMI),” ucap Arief Syarifudin selaku Marketing and Public Relations Director SMI dalam acara tersebut di Jakarta.

MG lahir di Inggris pada 1924 dan kantor pusat mereka pun berada di negara itu. Akan tetapi, sejak pertengahan dekade 2000-an, merek ini sudah diakuisisi secara penuh oleh Nanjing Automobile Group yang kemudian menjadi SAIC Motor Corporation Limited.

Arief mengakui SAIC terjun langsung untuk membentuk SMI sebagai agen pemegang merek di Indonesia. Mereka tidak bekerja sama dengan korporasi lokal.

“Langsung dari prinsipal di China, iya,” tandasnya.

Figo Lee, Managing Director SMI, menjelaskan bahwa mereka akan mulai menjual mobil-mobil impor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Thailand. Tapi mereka juga memiliki niat untuk melakukan perakitan lokal di masa depan.

Figo tidak menjelaskan rencana produksi lokal itu dengan lebih detail. Hanya saja, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi MG akan menumpang di pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi untuk melakukan itu.

Pasalnya, Wuling adalah merek China milik SAIC yang sudah terlebih dahulu hadir di Indonesia dan sudah pula memiliki fasilitas manufaktur. Kehadiran MG di Indonesia pun langsung disokong oleh SAIC.

“MG kemungkinan akan menggunakan pabrik Wuling di Indonesia... MG masuk Indonesia juga dengan nama PT. SAIC,” ujar Nangoi, ketika ditemui di sela-sela pameran GIICOMVEC 2020, 5 – 8 Maret di Senayan, Jakarta.

25 Dealer
Menurut Arief, MG akan membangun 25 dealer di Indonesia pada tahun ini. Fokus utama mereka ada di Ibu Kota dan sekitarnya.

“Fokus kami saat ini adalah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Tapi di luar Jawa akan ada beberapa dealer kami,” tutup dia. [Xan/Ari]


Komentar