Mesin Tempel 4 Tak Suzuki Tawarkan Efisiensi Lebih Share this

Mesin Tempel 4 Tak Suzuki Tawarkan Efisiensi Lebih

Denny Basudewa
pada 24 September 2019

Foto: Suzuki Marine

MATARAM – Suzuki Marine menawarkan mesin motor tempel unggulan yang memiliki fitur-fitur unggulan.

Sebagai Agen Pemegang Merek (APM), Suzuki Marine memiliki jajaran mesin motor tempel yang lengkap mulai dari jenis 2 Tak hingga 4 Tak. Seluruh produknya dikatakan memiliki keunggulan baik dari segi harga sampai cost of ownership.

Sebagai komitmennya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para konsumen, pabrikan asal Jepang tersebut membeberkan kelebihan dari produk 4-tak buatannya. DF200A merupakan salah satu produk unggulan yang telah dibekali fitur-fitur inovatif.

“Kami sangat yakin dengan produk ini (DF200A) karena terbukti andal dan tenaganya juga kuat, positioning ini akan kita pindahkan ke nelayan juga. Selain itu ke depannya juga tidak akan ada lagi mesin 2-tak dan kami sudah sangat siap sekali, karena line-up kita sangat banyak,” ucap Gunardi Prakosa, Marine deputy General Manager PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam acara Seaventure 2019.

Ia mengatakan bahwa nelayan saat ini mendominasi pengguna motor tempel khususnya di wilayah Lombok dan sekitarnya. Disebutkan 70 persen pengguna motor tempel adalah nelayan, sementara sisanya adalah dari sektor pariwisata.

Namun mesin 4-tak memiliki harga yang lebih tinggi daripada 2-tak. Selain itu, stigma perawatan mesin 4-tak yang lebih rumit masih membayang-bayangi para nelayan. Sehingga dalam memasarkan produknya tersebut memiliki tantangan tersendiri.

“Sebenarnya tantangan terbesarnya adalah mengajak para nelayan untuk beralih dari 2-tak ke 4-tak. Mesin 4-stroke masih dianggap ribet dan mahal biaya perawatannya. Padahal justru sebaliknya, secara jangka panjang mesin ini lebih menguntungkan,” jelasnya kemudian.

Suzuki DF200A membutuhkan bahan bakar sebanyak 50 liter untuk satu jam pemakaian dengan rata-rata 4.000 rpm. dilengkapi dengan teknologi Lean Burn Control System yang membuatnya mampu memberikan efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Penerapan teknologi ini juga membuat mesin lebih ramah lingkungan dibandingkan mesin konvensional lain di kelasnya. Selain itu, DF200A juga dilengkapi dengan fitur Timing Chain dengan Self Adjusting Technology 2-stage Gear Reduction serta Offset Driveshaft untuk mendukung performa maksimal saat mengarungi lautan. [Dew/Idr]


Komentar