Mesin Energy TCe 140 Hasil Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Share this

Mesin Energy TCe 140 Hasil Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 08 Desember 2017

Foto: Mesin Energy TCe 140

PARIS - Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi Motors kian menunjukkan taji dengan mengenalkan mesin bensin direct-injection turbocharged baru. Keberadaan mesin ini untuk mengantisipasi maraknya mobil-mobil ramah lingkungan di masa depan.

Mesin baru dijuluki Energy TCe 140 awalnya akan tersimpan pada Renault Scenic dan Grand Scenic hasil produksi fasilitas Valladolid di Spanyol. Dibandingkan mesin Energy TCe 130, mesin baru itu mengalami kenaikan torsi sebesar 35 Nm antara 1.500 rpm sampai 3.500 rpm.

Artinya dengan torsi yang lebih baik pada putaran rendah dan tenaga konstan pada rpm tinggi menawarkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dengan kadar emisi gas buang lebih rendah.

Klaim Renault, mesinnya telah memenuhi standar kualitas Aliansi dan Daimler, atau mengalami pengujian lebih dari 40.000 jam sebelum dijual. Mesin baru tersebut menggunakan transmisi manual dan transmisi otomatis EDC atau dual-clutch dengan pilihan tenaga mulai dari 115 hp hingga 160 hp.

Beberapa pengembangan yaitu menggabungkan Bore Spray Coating yang teknologinya sudah diterapkan pada Nissan GT-R. Dengan teknologi itu tekanan injeksi bahan bakar ke ruang bakar mencapai 250 bar, sementara ruang bakar sudah disesain untuk mengoptimalkan campuran bahan bakar dan udara.

Selain itu, teknologi ‘Dual Variable Timing Camshaft’ mengendalikan intake dan exhaust valve sesuai beban mesin. Hasilnya lebih banyak torsi pada putaran rendah dan juga tersedia secara linier pada putaran tinggi. Otomatis ini memberikan kenikmatan berkendara karena mesin lebih merespons kebutuhan pengemudi.

"Mesin bensin baru kami mewujudkan semua keahlian insinyur Groupe Renault, Aliansi dan mitra kami Daimler. Ini memenuhi standar kualitas Aliansi dan Daimler, dengan pengujian cukup lama," kata Philippe Brunet, VP Global Alliance - Powertrain & Electric Vehicles. [Ikh]


Komentar