Mesin Boxer, dari Pukulan Petinju hingga Buaya Share this
Video Mobil
Mode baca

Mesin Boxer, dari Pukulan Petinju hingga Buaya

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 10 Mei 2016

Foto: Mesin Boxer dengan Symmetrical AWD memaksimalkan kemampuan Subaru

TOKYO - Tahukah Anda bahwa mesin hebat Boxer horizontally-opposed yang dipakai oleh mobil-mobil Subaru akan merayakan ulang tahun ke-50.

Tepat 14 Mei 1966, Fuji Heavy Industries -- produsen mobil-mobil Subaru -- Subaru 1000 menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin Boxer. Hingga kini, selama 50 tahun, jumlah mobil Subaru bermesin Boxer telah mencapai 16 juta unit.

Sejak saat itu, Subaru terus berusaha untuk memaksimalkan kelebihan-kelebihan dari mesin ini dan terus digunakan untuk meningkatkan power kendaraan. Hari ini, setiap kendaraan produksi Subaru telah menggunakan mesin Boxer.

Di dalam desain mesin Boxer, posisi piston-piston saling berhadapan satu sama lain dengan posisi simetris sejajar. Posisi piston-piston seperti ini berfungsi untuk memaksimalkan performa, menghasilkan getaran lebih sedikit dan keseimbangan rotasi dengan sangat baik sehingga dapat berjalan dengan halus (lihat video).

Mesin Boxer merupakan kunci utama untuk sistem Symmetrical All-Wheel Drive (AWD). Sistim S-AWD menawarkan kombinasi stabilitas dan traksi superior, keseimbangan distribusi bobot kendaraan. Sinergi (Boxer & S-AWD) ini memberikan performa maksimal seperti stabilitas ketika kecepatan tinggi dan saat menikung dengan tajam. [Amo/Idr]


Komentar