Mesin BMW i8 Roadster Diproduksi di Inggris Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mesin BMW i8 Roadster Diproduksi di Inggris

Ary Dwinoviansyah
pada 05 Juli 2018

BIRMINGHAM - BMW Group sudah menetapkan penggarapan perangkat mesin dari BMW i8 Roadster akan dilakukan di Inggris.

Setelah melahirkan edisi coupe pada 2014 silam, BMW memutuskan untuk meneruskan eksistensi seri i8 melalui model roadster. Maka dari itu, mereka akan menambah jalur produksi di pabrik BMW di Midlands, Inggris.

Hal ini dirasa tepat karena pabrik itu berkontribusi membawa BMW i8 Coupe menjadi pemenang di ajang International Engine of the Year Award. BMW dianggap sukses melahirkan sport car berperforma tinggi dan efisien melalui sistem plug-in hybrid.

Ini wajar karena penggarapan BMW i8 memang dilakukan secara serius. Meski hanya terdiri dari tim teknisi kecil, namun mereka didukung oleh fasilitas khusus. Bahkan, baru-baru ini BMW melakukan melengkapinya dengan peralatan lebih canggih untuk mendukung produksi BMW i8 Roadster.

Selain BMW i8 (Coupe dan Roadster), pabrik BMW ini merupakan tempat penggarapan mobil Mini bertenaga plug-in hybrid. Sejak dibuka pada 2001, fasilitas itu sudah memasok lebih dari 4,5 juta mesin. Dengan penambahan dari BMW i8 Roadster, mereka diprediksi bakal memproduksi 1,4 juta mesin pada 2018 saja

Pabrik ini juga ditunjuk sebagai penyuplai beberapa komponen utama mobil BMW seperti crankshaft, cylinder blok dan cylinder head. Kemudian, perangkat-perangkat tersebut disuplai ke seluruh dunia.

"Sangat luar biasa bahwa pabrik kami dapat berperan dalam mendukung strategi mobil listrik BMW Group. Kami bangga bisa berkontribusi untuk terhadap kesuksesan BMW i8 Coupe serta pemasok mesin dari dua model BMW dan Mini hybrid. Sekarang kami menantikan menjadi bagian dari kisah BMW i8 Roadster," kata Bernd Gree, Direktur Pabrik BMW di Midlands.

BMW i8 Roadster sendiri akan dibekali mesin tiga silinder turbocharger direct injection berteknologi VAlvetronic VVT. Mesin bensin itu mampu mengeluarkan tenaga 231 hp dan torsi 320 Nm. Namun, tenaganya akan berlipat ganda menjadi 374 hp apabila motor listriknya aktif. Sementara akselerasinya dari 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 4,6 detik saja. Terpaut sedikit dari versi coupe yaitu 4,4 detik. [Ary/Ari]


Komentar