Mesin Baru Hyundai Smartstream Lebih Dahsyat dan 'Hijau' Share this

Mesin Baru Hyundai Smartstream Lebih Dahsyat dan 'Hijau'

Denny Basudewa
pada 09 Juli 2019

Foto: Hyundai Smartstream

SEOUL – Hyundai Motor Group mengembangkan teknologi valve atau katup pada mesin terbarunya yakni Continuously Variable Valve Duration).

Bertempat di Hyundai Motorstudio Goyang, Seoul, Korea, inovasi bernama Smartstream G 1.6 T-GDi ini untuk pertama kalinya akan disematkan pada Sonata. Inovasi tersebut akan menjadi mesin pertama Hyundai yang menggunakan teknologi terkini hasil pengembangan tim riset mereka.

CVVD dikatakan mampu meningkatkan performa mesin 4 persen. Selain itu penggunaan bahan bakar akan lebih bersahabat dan terkoreksi sebanyak 5 persen. Teknologi pengaturan bukaan valve pada mesin kendaraan ini juga mampu memangkas emisi hingga 12 persen.

“Pengembangan teknologi CVVD adalah contoh baik dari Hyundai Motor Group untuk menguatkan kemampuan sebuah mesin. Kami akan terus melanjutkan inovasi kami untuk membawa paradigma baru pada bisnis kami,” ucap Albert Biermann, President and Head of Research and Development Division Hyundai Motor Group.

Teknologi ini berfungsi ketika kendaraan melaju dengan kecepatan konstan dan hanya membutuhkan output yang rendah. CVVD membuat katup intake terbuka sampai bagian tengah dan menutup di dekat ujung langkah kompresi.

Hal ini membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi hambatan yang disebabkan oleh kompresi. Di lain sisi, ketika mesin membutuhkan asupan lebih banyak seperti tengah melaju dengan kecepatan tinggi, intake ditutup lebih awal kompresi agar memaksimalkan udara yang digunakan untuk menciptakan ledakan. Langkah ini terbukti meningkatkan torsi kendaraan.

Smartstream G 1.6 T-DGi merupakan mesin 1.4-liter yang memiliki tenaga 180 hp dan 264 torsi puncaknya. Resirkulasi gas buang dari mesin dikatakan sebelumnya menjadi lebih ramah lingkungan. Sistemnya membuat sebagian gas buang yang telah terbakar masuk kembali ke ruang bakar guna menghasilkan pendinginan. [Dew/Idr]


Komentar