Mesin 1.8 Liter Toyota C-HR Lebih Modern dari Altis Share this
Mobil Baru
Mode baca

Mesin 1.8 Liter Toyota C-HR Lebih Modern dari Altis

Denny Basudewa
pada 10 April 2018

Foto: Toyota C-HR yang baru diluncurkan hari ini

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya secara resmi meluncurkan Toyota C-HR di Indonesia. Crossover lima penumpang tersebut menggunakan mesin berkapasitas 1.800 cc, dengan teknologi dual VVT-i.

Jantung pacu dengan kode 2ZR-FBE ini merupakan mesin yang nyaris sama dengan Corolla Altis. Mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi 7-speed CVT, berikut sequential shiftmatic. Adapun tenaga yang dihasilkan mencapai 138 hp pada 6.400 rpm, sementara torsi puncaknya 171 Nm pada 4.000 rpm.

Toyota C-HR dipasarkan secara global ini memiliki berbagai pilihan mesin. Toyota C-HR memiliki ragam sumber tenaga meliputi 1.200 cc, 1.800 cc dan 2.000 cc. Namun TAM justru memasukkan crossover satu ini dari Thailand, dengan menggunakan mesin 1.8-L.

Dikatakan oleh Henry Tanoto selaku President Director PT TAM, bahwa pilihan mesin menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Crossover yang memadukan SUV dengan Coupe ini menciptakan segmen baru di Tanah Air.

“Kami telah melakukan survey sebelumnya kepada masyarakat. Mereka kebanyakan menginginkan mobil yang bertenaga. Menurut kami mesin 1.8-L paling memdai bagi konsumen di Indonesia,” ujar Henry sesaat sebelum peluncuran Toyota C-HR.

2ZR-FBE ini dikatakan merupakan mesin modern yang bisa menerima asupan dua jenis bahan bakar. Selain bisa menggunakan bahan bakar bensin pada umumnya, jantung mekanis C-HR bisa dijejalkan campuran ethanol dan methanol.

Bahan bakar yang terakhir disebut merupakan jenis modern yang telah digunakan di beberapa negara. Adapun Toyota C-HR dikatakan menawarkan kesenangan berkendara. Posisi pengendara diatur secara dinamis sehingga memberikan kenikmatan mengemudi sendiri tanpa supir.

"Ini lebih modern dari versi yang digunakan Altis. Mesin ini memang dipersiapkan untuk regulasi masa depan, menuju Euro 4. Karena 2ZR-FBE flexibel untuk flex fuel, dimana memiliki daya tahan atau anti korosif, dengan bahan bakar kandungan ethanol dan methanol," ucap Bansar Maduma, Outlet Development Division Head CBU & Commercial Product General Manajer PT TAM.

Selain itu, Toyota C-HR juga dibekali dengan berbagai fitur keselamatan mutakhir meliputi 7 SRS Airbags (D+P+S+CSA+D-Knee), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Adapun harga yang ditawarkan untuk Toyota C-HR adalah Rp 488,5 juta (single tone), serta Rp 490 juta (two-tone). Sementara tersedia 5 pilihan warna Black Attitude, White Pearl, Metal Stream, Red Mica Metallic + Black Roof, serta Blue Metallic + Black Roof. [Dew/Ari]


Komentar