Mercedes Siapkan Pesaing Tesla Model S di 2022 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Mercedes Siapkan Pesaing Tesla Model S di 2022

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 05 Juni 2019

Foto: Mercedes EQA Concept

STUTTGART - Mercedes-Benz EQE akan diluncurkan pada 2022 untuk menjadi pesaing serius Tesla Model S.

Mercedes-Benz tampak telah menyiapkan line-up kendaraan listriknya untuk masa depan. Beberapa model mobil listrik yang telah diketahui publik yaitu all-new Mercedes EQC dan EQS.

Kali ini, produsen mobil asal Jerman ini kembali menyiapkan model baru yang berada di bawah segmen EQS. All-new Mercedes EQE dipastikan akan melakukan debut global di 2022 dengan banderol harga sekitar 75.000 dolar US atau setara dengan Rp 1,06 miliar.

Banderol tersebut diklaim sangat sesuai dengan mobil listrik ini karena mobil ini akan bersaing dengan Tesla Model S. Tesla Model S sendiri telah mendapatkan respon positif di pasar otomotif global dan varian facelift dipastikan hadir pada September 2019.

Untuk dapat menyaingi model andalan Tesla tersebut, Mercedes mengunakan platform aluminum-intensive MEA pada mobil listrik terbarunya ini. Mercedes EQE akan memiliki dimensi lebih pendek dari E-Class yakni 4.923 mm, namun memiliki kabin luas layaknya S-Class.

Platform baru tersebut diciptakan untuk menghadirkan kabin mewah dan luas dengan beragam dimensi kendaraan. Jika dilihat dari desainnya, mobil ini sekilas tampak seperti model E-Class, namun memiliki desain yang lebih unik, aerodinamis dan mengadaptasi fascia depan dinamis khas model EQC.

Selain memiliki desain eksterior modern dan kabin luas, Mercedes akan menyematkan 2 motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga 402 hp dan torsi 765 Nm. Selain memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar, mobil listrik ini diklaim dapat menempuh jarak 600 km dalam sekali pengisian daya.

Jika dilihat dari jarak tempuh tersebut, mobil listrik ini lebih unggul dari Tesla Model S Long Range yang hanya mampu menempuh jarak 596 km. Namun jika dibandingkan dengan Model S facelift yang dapat menempuh jarak 644 km, mobil listrik Mercedes ini masih belum dapat bersaing.

Mercedes EQE juga diprediksi akan dilengkapi dengan suspensi udara, four-wheel steering dan sistem mengemudi semi-autonomous Level 3. [Amo/Idr]


Komentar