Mercedes-Benz Mulai Jajal Formula 1 Versi Jalan Raya Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Mercedes-Benz Mulai Jajal Formula 1 Versi Jalan Raya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 September 2018

BRIXWORTH - Mercedes-Benz makin serius menggarap hypercar yang digadang menjadi Formula 1 resmi di jalan raya.

Setelah dipamerkan pada ajang IAA 2017, mobil bernama Mercedes-AMG Project ONE tersebut terus dikembangkan agar bisa diproduksi massal. Berita ini diumumkan oleh Mercedes AMG HPP (High Performance Powertrain) di Inggris.

Disebutkan pula bahwa mobil tersebut baru saja melakoni pengujian di lokasi rahasia. Dari tampang, Mercedes-AMG Project ONE sangat identik dengan hypercar yang menyajikan desain agresif. Ditambah lagi dengan penempatan air scoop pada bagian atapnya.

Keistimewaannya juga terletak pada pembangkit tenaganya. Pihak pabrikan mengandalkan mesin V6 berkapasitas 1.600 cc dengan paduan dua motor listrik. Mereka juga mengaku mengadopsi teknologi dari mesin Formula 1.

Wajar jika karakter jet darat tersebut masih terasa ketika mobil dipacu. Begitu pula tenaganya karena mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sekitar 992 hp ketika di dynotest.

"Penyelesaian dynotest itu diikuti oleh keberhasilan instalasi powertrain yang sangat kompleks pada unit prototipe ini. Seluruh komponen hybrid juga sudah menjalani pengujian berat sekaligus menguji performa mesin HPP buatan Brixworth (Markas Marcedes AMG HPP)," tulis Mercedes-Benz.

Kabar terbaru adalah Mercedes-AMG Project ONE akan diproduksi terbatas yaitu sebanyak 275 unit saja. Sementara harga jualnya adalah $ 5 juta atau setara Rp 74,5 miliar. [Ary/Ari]


Komentar