Mercedes-Benz dan BMW Banyak Dicuri, Buktikan Maling Makin Canggih Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mercedes-Benz dan BMW Banyak Dicuri, Buktikan Maling Makin Canggih

Ary Dwinoviansyah
pada 01 Maret 2018

SURREY - Perusahaan pelacak kendaraan, Tracker baru saja merilis daftar mobil paling banyak dicuri di Inggris. Selama 2017 lalu, setidaknya ada 10 daftar mobil di mana Marcedes-Benz C Class menempati urutan pertama.

Seperti di negara mana pun, kasus pencurian mobil di Inggris juga tetap merajalela. Tracker mencatat setidaknya mobil-mobil yang dicuri tahun lalu bernilai 12,5 juta Poundsterling atau setara Rp 238 miliar.

Dari sederet kasus, mobil buatan Jerman paling banyak kecurian. Dari 10 mobil yang disebutkan, tujuh mobil Jerman dari brand Mercedes-Benz, BMW hingga Volkswagen ada dalam daftar tersebut.

Mercedes-benz C Class bahkan menempati posisi pertama, disusul BMW X5 di urutan kedua. Terjadi perbedaan jika dibandingkan 2016 di mana BMW X5 berada di urutan pertama sementara Mercedes-Benz C Class menempati peringkat empat.

Selain Jerman, kendaraan buatan Inggris juga mengalami cukup banyak pencurian. Buktinya, Range Rovers Sport berada di peringkat ketiga dalam daftar sementara Land Rover Discovery dan Range Rovers Autobiography di posisi enam dan tujuh.

Menurut Tracker, kasus pencurian 2017 mengalami peningkatan sebesar 5 persen dari 2016. Meski begitu, mobil-mobil yang menggunakan perangkat Tracker bisa kembali lagi ke pemiliknya. Tahun lalu, Tracker juga berperan membantu pihak kepolisian mengungkap 47 kasus pencurian.

"Kami memiliki kemitraan yang unik dengan pasukan polisi Inggris 2017. Teknologi kami membantu petugas untuk melakukan 47 penangkapan. Bersama-sama, TRACKER, pemilik mobil dan polisi bisa menemukan sekaligus menangkap pencurinya," kata Andy Barrs, Kepala Hubungan Polisi dari pihak Tracker.

Akan tetapi, hal yang patut disoroti adalah mengenai metode pencuriannya. Mereka tidak lagi membutuhkan kunci kontak pemilik mobil dan sudah mengadopsi teknik relay attack yakni dengan cara menyambat sinyal kunci kontak yang ada di dalam rumah dengan sebuah alat. Dengan begitu, pencuri bisa dengan mudah mengambil mobil hanya dalam hitungan detik.

"80 persen dari semua kendaraan yang dicuri dan ditemukan oleh Tracker pada tahun 2017 dicuri tanpa menggunakan kunci pemiliknya. Kasus meningkat 66 persen dari tahun 2016," tutup Andy.[Ary/Ari]

Berikut 10 daftar mobil paling banyak dicuri di Inggris 2017:

1. Mercedes-Benz C Class

2. BMW X5

3. Range Rover Sport

4. Mercedes-Benz E Class

5. BMW 3 Series

6. Land Rover Discovery

7. Range Rover Autobiography

8. BMW M3

9. VW Golf

10. Audi RS4


Komentar