Mercedes Amankan Gelar Konstruktor di F1 Jepang 2019 Share this
F1
Mode baca

Mercedes Amankan Gelar Konstruktor di F1 Jepang 2019

Adi Hidayat
pada 14 Oktober 2019

SUZUKA - Valtteri Bottas menjadi pembalap pertama yang berhasil memenangkan GP F1 Suzuka meski start dari baris kedua.

Kemenangan ini pun berhasil membawa Mercedes untuk menjadi juara konstruktor untuk keenam kalinya secara berturut-turut. Tak hanya itu, Mercedes juga telah mengunci posisi gelar untuk pengemudi.

Pimpinan klasmen saat ini, Lewis Hamilton telah mendapat 338 poin dan hanya bisa dikalahkan oleh Bottas yang saat ini memiliki 274 poin. Namun untuk meraih gelar juara, maka Bottas harus berhasil meraih poin penuh di sisa balapan yang tersedia.

“Ini terasa sangat luar biasa, sangat membahagiakan tentu saja. Sebuah hari yang sempurna dengan start sempurna.

Bottas start dari posisi ketiga yang artinya harus memulai balapan dari baris kedua bersama dengan Hamilton di posisi keempat. Baris pertama diisi oleh duo Ferarri, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc. Namun, Vettel melakukan start yang buruk dan langsung disusul oleh Bottas. Setelah itu, Bottas terus memimpin hingga memiliki selisih waktu hingga 13 detik.

“Kami tahu bahwa akan memiliki kecepatan yang baik meski Ferrari telah mengalahkan kami di kualifikasi. Jadi saya senang kami berhasil unggul karena akan sangat berbeda bila Anda sedang memimpin. Anda bisa mengendalikan kecepatan, mengatur ban dan segalanya. Saya menikmatinya hari ini,” tegas Bottas.

Dengan hasil ini maka Mercedes telah meraih gelar juara konstruktor untuk keenam kalinya berturut-turut. Ini menyamai rekor yang diraih oleh Ferrari pada periode 1999 hingga 2004. Dan dengan empat balapan yang tersisa, Bottas masih memiliki kesempatan untuk mendapat gelar juara di klasmen pembalap karena selisih poin dengan Hamilton, hanya 64 poin. [Adi/Ari]


Komentar