Merasakan Kenyamanan Kia Grand Sedona di Pantai Ancol Share this
Review Mobil
Mode baca

Merasakan Kenyamanan Kia Grand Sedona di Pantai Ancol

Adi Hidayat
pada 10 Oktober 2017

JAKARTA – Kehadiran Kia Grand Sedona tahun lalu berhasil menarik minat masyarakat karena memiliki sejarah manis di Tanah Air pada tahun 2000-an. Sayang mobil tersebut tidak dijual lagi di tahun 2005-an. Kini, Kia Mobil Indonesia menghadirkan kembali Kia Carnival dalam bentuk Kia Grand Sedona.

Beragam perubahan tentu sudaj dilakukan dan tidak melupakan kesan elegan yang menjadi andalannya. Salah satu keunggulannya adalah hadirnya desain tiger nose grille yang merupakan ciri khas dari mobil-mobil baru Kia. Bentuknya melebar dan berlapis krom sehingga membuatnya telihat semakin mewah. Tampilannnya pun menjadi lebih modern berkat penggunaan headlamp proyektor dan DRL (khusus tipe Ultimate).

Tampilan Belakang Kia Grand Sedona. Foto: Amos Tampilan Belakang Kia Grand Sedona. Foto: Amos

Tampilan belakang pun terlihat cukup atraktif dengan hadirnya spoiler belakang serta hadirnya garnish krom di tengah pintu menjadi mobil ini terlihat lebih artistik. Sayangnya pada bagian samping, Kia tampak terlalu berhati-hati sehingga terlihat terlalu polos. Tampilannya hanya dipercantik dengan aksen krom di sisi jendela serta penyematan roda berukuran 18 inch.

Masuk ke dalam kabin, Kia Grand Sedona hadir dengan kapasitas penumpang yang sangat besar. 11 orang penumpang bisa langsung masuk ke dalam mobil ini tanpa mengurangi kenyamanan secara signifikan. Ini menjadi keunggulan utama dari Kia Grand Sedona.

Kia pun memainkan warna interior dengan cara yang menarik. Penggunaan krem cerah menjadikan kabin mobil ini terasa nyaman. Kursi baris kedua dan keempat pun sudah dilengkapi dengan arm rest dan seat belt. Menariknya lagi, sandaran kursi tengah pada baris kedua dan ketiga pun bisa diturunkan hingga rata menyerupai meja. Meja tersebut pun sudah dilengkapi dengan cup holder agar penumpang bisa meletakkan gelas mereka dengan lebih aman.

Untuk baris paling belakang rasanya tidak akan cukup untuk digunakan oleh orang dewasa, namun untuk anak-anak, kami rasa masih cukup nyaman. Bila tidak digunakan, kursi paling belakang bisa dilipat hingga rata dengan lantai dan memberi ruang bagasi yang lebih luas.

Tampilan dashboard Kia Grand Sedona. Foto: Amos Tampilan dashboard Kia Grand Sedona. Foto: Amos

Untuk desain dashboard, Kia memilih untuk mengkombinasikan antara warna hitam dank rem sehingga tampilan depan tidak membosankan. Peletakan fitur-fitur juga sudah dibuat sedemikian rupa agar pengemudi bisa menggapainya dengan mudah.

Kini saatnya untuk merasakan perfoma dari Kia Grand Sedona. Kami pun duduk di kursi pengemudi dan disambut dengan nyaman dan empuknya jok tersebut. Tak hanya itu, demi kenyamanan mengemudi, Kia sudah menyematkan fitur electric seat serta tilt and telescopic steering wheel yang memudahkan pengemudi untuk menemukan posisi paling nyaman untuknya berkendara.

Soal mesin, Kia Grand Sedona dilengkapi dengan mesin V6 berkapasitas 3.300cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 266 hp dan torsi mencapai 317 Nm sehingga dipastikan mobil dapat tetap melaju dengan baik meski kapasitas mobil diisi penuh.

Lintasan pertama yang kami coba adalah lintasan dengan jalanan tidak rata. Kia Grand Sedona hadir dengan suspensi yang menurut kami cukup bisa diandalkan. Bantingannya cukup empuk dan mobil bisa dikendalikan dengan cukup baik.

Perfoma Kia Grand Sedona. Foto : Amos Perfoma Kia Grand Sedona. Foto : Amos

Selesai dari lintasan dengan jalan tidak rata, kini mencobanya di lintasan akselerasi. Saat menginjak pedal, mobil tidak serta merta menyentak menunjukkan perfomanya. Namun justru inilah yang kami suka. Sebagai mobil dengan kapasitas besar, rasanya akan membuat tidak nyaman penumpang bila harus berakselerasi mendadak. Mobil seperti ini memang harusnya meningkat kecepatannya secara bertahap. Meski demikian, mobil masih bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Menariknya, mobil masih bisa dikendalikan dengan mudah dan tidak terasa limbung.

Dengan harga Rp 497– Rp 555 juta (off-the-road Jakarta), rasanya Kia Grand Sedona layak untuk menjadi alternatif para bos yang ingin mobil MPV Premium. [Adi/Ikh]


Komentar