Mengencani Bentley Continental GT V8 S Share this
Review Mobil
Mode baca

Mengencani Bentley Continental GT V8 S

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 02 Mei 2016

Foto: Bentley Continental GT V8 S menyasar boss perusahaan ternama

BOGOR - Bentley Continental GT V8 S tersedia dua pilihan varian convertible dan coupe. Di Indonesia, mobil ini menyasar orang berkocek tebal akibat harga per unitnya dijual sekitar Rp 8 miliar.

Bentley Continental GT V8 S adalah sports car premium all-wheel drive dua pintu, empat kursi yang didasarkan pada platform Bentley Continental GT Speed. Mobil ini tersimpan jantung pacu bengis yang membagi tenaga melalui differential tengah dengan pembagian 40% ke roda depan dan 60% ke roda belakang.

Dan OtoSpirit sempat merasakan varian coupe di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat akhir pekan lalu.

Bentley Continental GT V8 S bisa dikatakan bersaing ketat dengan Mercedes-AMG GT S menggunakan mesin V8 bitturbo AMG 3.982cc melontarkan tenaga 510 Hp. Bentley Continental GT V8 S ditopang mesin V8 4.0-liter twin-turbo menyemburkan tenaga 514 Hp.

Mengencani Bentley Continental GT V8 S Eksterior Bentley Continental GT V8 S

Mengapa desain eksterior dinamis

Setiap perusahaan otomotif asal Inggris tidak main-main dalam hal mendesain mobil-mobilnya. Sebagai contoh desain eksterior mobil ini diciptakan dengan prinsip kemewahan yang berciri khas. Klaim Bentley, eksteriornya menyuguhkan desain body bagaikan karya pematung yang terinspirasi dari wajah ikonik Bentley di masa lalu yang dipadukan dengan desain masa kini.

Bagian depan tersedia dua lampu bertingkat di kiri dan kanan. Grille-nya sengaja dibuat terbuka agar aliran udara bebas memasuki ruang mesin. Ada yang unik pada Bentley Continental GT V8 S, yaitu selalu ada perbedaan warna antara body dan rumah kaca spion samping.

Beranjak ke bagian belakang kita bisa melihat spoiler yang tersimpan rapih di antara kaca belakang dan bagasi. Spoiler itu akan terbuka ketika mobil bergerak lebih 100 kpj untuk meningkatkan aerodinamikan mobil.

Mengencani Bentley Continental GT V8 S Interiornya didesain sesempurna mungkin untuk kepuasan pelanggan

Interior rapih dan mewah

Interiornya menggunakan dua perpaduan warna cokelat dan krem. Pemilik akan terbuai dengan desain mewah pada interior mobil asal Inggris tersebut.

Ada beberapa bagian yang harus dibuat dengan tangan dan tingkat ketelitian cukup tinggi untuk menghasilkan kualitas yang wah. Kulit lembut, panel kayu, chrome berkilau plus karpet wool bisa dirasakan.

Bagian dashboard tersedia layarsentuh 8" dan mampu menghasilkan sistem navigasi, audio dengan kapasitas penyimpanan memori hingga 30GB. Interiornya memiliki susunan kursi 2+2, dan untuk kursi depan dilengkapi pengatur elektrik. Pengemudi semakin dimudahkan oleh pengaturan tilt dan telescopic steering electric.

Mengencani Bentley Continental GT V8 S Bentley Continental GT V8 S dijual Rp 8 miliar

Impresi mengendarai Bentley Continental GT V8 S

Bentley Continental GT V8 S platform-nya sama dengan Bentley Continental GT Speed. Namun begitu, posisi duduk di kursi Bentley Continental GT V8 S lebih baik. Boleh kami bilang, berada di balik kemudi Bentley Continental GT Speed seperti 'menyetir' perahu.

Bentley Continental GT V8 S menampilkan banyak fitur di interior. Sebagian besar fungsi dioperasikan melalui tombol di dassboard dan kemudi. Ada juga pengaturan suspensi yang bisa dioperasikan lewat tombol di konsol tengah.

Kendati memiliki banyak tombol, tapi desainnya jelas ditata sangat rapih. Untuk visibilitas ke depan jauh lebih baik, tidak seperti visibilitas ke belakang karena pilar belakang mobil terlalu tebal.

Bentley Continental GT V8 S Ketika mobil beraksi di Sirkuit Sentul. Kecepatan sempat menyentuh 150 kpj.

Peforma di lintasan sirkuit

Bentley Continental GT V8 S menawarkan mesin V8 4.0-liter twin-turbo menyemburkan tenaga 514 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 680 Nm mulai 1.700 rpm. Mesinnya dibantu dengan transmisi otomatis ZF 8-speed.

Meski menggunakan mesin lebih kecil dari Bentley Continental GT Speed, namun untuk bergerak dari 0-100 kpj hanya butuh waktu 4,5 detik, sementara jarum speedometer bisa menyentuh angka 309 kpj (limiter). Untuk varian convertiblenya membutuhkan waktu 4,7 detik agar jarum menyentuh 100 kpj dan mencapai puncak kecepatan 308 kpj.

Mesin ini bekerja memberikan tanggapan yang cepat dan berani ketika Anda membutuhkannya. Reaksi awal memijak pedal gas dalam-dalam terasa sekali tenaga disalurkan ke keempat rodanya sehingga menghasilkan suara decitan.

Tidak bisa dipungkiri, Anda yang berada di balik kemudi ingin selalu memijak pedal gas sampai habis. Sebab mengemudi Bentley Continental GT V8 S sangat menyenangkan. Sementara itu cukup mudah mengendalikan mobil ini di tikungan, ketimbang Bentley Continental GT Speed yang memiliki mesin dengan semburan tenaga besar.

Sayangnya, kami hanya diberikan satu kesempatan mengitari Sirkuit Sentul. Masih kurang puas mengeksplorasi seluk-beluk mobil ini.

Kesimpulan

Tidak bisa dibantah jika Bentley Continental GT V8 S adalah mobil para boss. Seluruh teknologi yang ditawarkan sesuai dengan apa yang didapat konsumennya. Namun jika kami boleh kasih saran ke Anda yang ingin membeli mobil ini jangan pernah menggunakan sopir pribadi. Sebab mobil ini pantas untuk dinikmati sendiri.

Dirasa sangat tidak rasional ketika merelakan sopir pribadi Anda yang hanya menikmati sendiri mobil ini. [Ikh/Idr]


Komentar