Menikmati Kemewahan Hyundai Santa Fe 2016 Share this
Review Mobil
Mode baca

Menikmati Kemewahan Hyundai Santa Fe 2016

Denny Basudewa
pada 14 Juni 2016

Foto: SUV mewah dengan performa mengesankan

JAKARTA - Mengawali tahun 2016, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan produk andalan pertamanya yaitu Hyundai Santa Fe 2016 Edition.

Sport Utility Vehicle (SUV) asal Korea ini mendapat ubahan minor namun tetap bisa membuat kagum.

hyundai santa fe 2016 Tampilan lebih sporty menambah kesan gagah

Desain Eksterior Fresh

Perpaduan Fluidic Sculpture 2.0 dan Storm Edge membuat semakin dinamis. Sejumlah ubahan pada bagian depan mempetegas karakter menawan Santa Fe 2016 Edition.

Batang-batang kecil melintang dan berbahan krom pada grille memberikan kesan sporty. Penempatan Day Running Lights (DRLs) yang terpisah dengan fog lamp menjadi pembeda dari edisi sebelumnya. Sayangnya, fitur cornering light pada Hyundai Santa Fe 2016 kalah terang dengan High-intensity discharge (HID) pada headlamp.

Fitur puddle lamp LED di bawah spion cukup membantu saat memasuki kendaraan pada malam hari. Terlebih fitur ini aktif ketika membuka kunci pintu via remote control.

Pembaruan bagian buritan kendaraan terlihat pada penggunaan LED combination lamp. Hal ini membuat tampang kendaraan kian elegan.

Bentuk kotak pada kedua buah tail pipe memberikan kesan sporty. Satu perbedaan yang paling terasa pada bagian eksterior adalah diameter roda 19". Hal ini membuat ruang fender terlihat sesak karena dengan kapasitas 7 penumpang, potensi ban menyentuh bibir fender sangat berpeluang terjadi.

hyundai santa fe 2016 Dashboard berkelas menambah kenyamanan

Interior Berkelas

Masuk ke dalam kabin, langsung disuguhi tampilan kabin SUV berkelas. Tidak berbeda dengan pendahulunya, Santa Fe 2016 Edition tidak mengalami pengubahan berarti. Model terbaru SUV bongsor ini justru mengalami pengurangan fitur In Car Entertainment (ICE).

Hilangnya fitur LCD monitor meniadakan rear parking camera. Sensor parkir di samping tuas transmisi shiftronic menjadi salah satu pembeda. Letak icon pada panel instrumen juga terlihat mengalami sedikit ubahan.

Langsung menghidupkan mesin kendaraan dengan menggunakan kunci yang tergabung dengan alarm. Cukup disayang masih belum membekali Santa Fe 2016 Edition dengan peranti keyless entry with immobilizer.

hyundai santa fe 2016 Mesin diesel dengan kemampuan mengagumkan

Performa

Satu hal yang menjadi perhatian kami adalah kedapnya kabin Hyundai Santa Fe. Suara mesin diesel 2.2L CRDi VGT, sayup-sayup masuk ke dalam kabin. Terbukti beberapa penumpang mobil ini terkecoh bahwa kendaraan yang ditumpangi mereka bermesin diesel.

Meski mengalami penurunan kubikasi, semburan tenaga SUV 7-seater ini justru semakin dahsyat. Para teknisi Hyundai benar-benar memberikan jantung pacu mumpuni pada Santa Fe 2016 Edition.

Roda-roda depan acapkali mengalami gejala spin. Maklum saja mobil ini memang menganut sistem FWD (front-wheel-drive). Ketika pengendara menekan pedal gas cukup dalam, tubuh akan tertanam cukup dalam pada sandaran jok.

Hyundai mengklaim bahwa tenaga maksimal yang mampu dihasilkan Santa Fe 2016 Edition sebesar 194 hp dengan torsi maksimal 445 Nm. Sistem transmisi otomatis enam-percepatan shiftronic terasa halus setiap kali berpindah gigi.

Pada drive mode Eco, perpindahan gigi terasa pada kisaran 2200 hingga 2500 rpm. Pada mode ini, panel indikator menunjukkan konsumsi bahan bakar di angka 10 km/1 liter. Ketika mencoba drive mode Sport, tarikan mesin terasa sangat responsif.

Meski mode ini terdapat sedikit lag ketika di putaran bawah. Hal ini ditenggarai karena mesin harus merespon besarnya tekanan pada pedal dengan downshift.

Seketika kami menginjak penuh pedal gas, tubuh kami semakin tertanam dalam jok berbalut kulit mewah. Pada mode Sport, perpindahan gigi terasa pada kisaran 3000 rpm. At least, jika dibandingkan SUV diesel sekelasnya Hyundai Santa Fe 2016 Edition cukup mumpuni.

hyundai santa fe 2016 Kenyamanan dan performa menarik melebur dalam satu SUV

Kesimpulan

Untuk sebuah SUV medium, Hyundai Santa Fe memberi warna tersendiri. Dengan banderol Rp 539 juta (tipe CRDi), Santa Fe 2016 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin tampil beda.

Berkendara pada malam hari dengan Santa Fe juga menyenangkan. Pancaran sinar lampu dari HID headlamp sangat membantu pengendara dalam kondisi jalan gelap.

Keandalan suspensi Hyundai Santa Fe 2016 Edition juga patut diacungi jempol. Kendali kendaraan juga semakin menyenangkan berkat setir ringan. Penggunaan ban lebar (235) dengan diameter besar menambah unsur kenyamanan berkendara. Kedapnya ruang kabin Santa Fe 2016 Edition memberikan satu nilai tambah.

Fitur panoramic roof pasti menaikan gengsi pengguna kendaraan ini. Namun Anda harus bijak dalam menentukan window tint untuk fitur satu ini. Indonesia yang termasuk negara tropis, salah memilih pelapis kaca panoramic roof bisa jadi mengurangi kenyamanan dalam kendaraan.

Hyundai Santa Fe 2016 akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan SUV medium namun bertenaga dahsyat. Meskipun banyak beredar model SUV di Tanah Air, Santa Fe 2016 Edition memberikan Anda pilihan lain dalam berkendara. [Dew/Ikh]


Komentar