Menguak Keunggulan Pertamax Series Share this
Workshop
Mode baca

Menguak Keunggulan Pertamax Series

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 27 Maret 2018

Foto: Pertamax Turbo

BOGOR - PT Pertamina (Persero) telah menciptakan Pertamax Series untuk memenuhi kebutuhan kendaraan modern dengan beragam kelebihan.

Pertamax Series terdiri dari Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamax Racing. Ketiga produk BBM andalan PT Pertamina (Persero) ini memiliki perbedaan pada nilai oktan atau RON dan fungsi secara keseluruhan.

Untuk varian Pertamax memiliki RON 92 sangat cocok digunakan untuk mobil atau motor yang memiliki rasio kompresi 10:1. Jenis BBM ini diklaim dapat meningkatkan ketahanan mesin dan mampu membersihkan mesin.

BBM yang memiliki warna biru ini dapat diperoleh konsumen di seluruh jaringan SPBU Pertamina di Indonesia. PT Pertamina (Persero) membanderol varian ini dengan harga Rp 8.900 untuk setiap liternya di kawasan DKI Jakarta.

Sedangkan untuk varian berikutnya yakni Pertamax Turbo memiliki RON 98 sangat cocok digunakan untuk kendaraan bermotor dengan rasio kompresi 13:1. BBM berwarna merah ini sangat cocok untuk kendaraan yang telah dilengkapi dengan teknologi turbo dan injection.

Pertamax Turbo yang menggantikan posisi Pertamax Plus sendiri diklaim telah sesuai dengan standar internasional atau setara dengan EURO 4 dan sangat cocok untuk menunjang akselerasi kendaraan. Jenis bahan bakar ini telah teruji kemampuanya dan menjadi mitra teknis Lamborghini Blancpain Supertrefeo Series di Eropa.

Dengan kelebihan tersebut, cukup wajar apabila varian BBM ini dibanderol Rp 10.100/liter di DKI Jakarta. Untuk Pertamax Racing, varian ini lebih eksklusif dan mahal karena memang ditujukan untuk kendaraan berperforma dan pecinta balapan.

Varian terakhir Pertamax Series ini memiliki RON 100 yang memastikan pembakaran BBM sempurna dan performa tinggi. Pertamax Racing ini hanya dijual di beberapa SPBU pilihan Pertamina dan dibanderol dengan harga Rp 42.000/liter untuk wilayah DKI Jakarta.

Pertamax Series Arya Dwi Paramita, Manager External Communication PT Pertamina (Persero)

“Sesuai Peraturan Menteri (Permen) KLHK No 20 tahun 2017, maka BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan akan menjadi pilihan masyarakat. Penyediaan BBM berkualitas merupakan komitmen Pertamina untuk menekan pencemaran udara dan menjamin efesiensi kendaraan,” tutur Arya Dwi Paramita, Manager External Communication PT Pertamina (Persero) di acara Obrolan Ringan Otomotif dengan tema “Mitos & Fakta, Seputar BBM & Pelumas” yang digelar oleh FORWOT di Bogor pada 26 Maret 2018.

Pertamax Series tersebut memiliki 3 keunggulan yaitu detergensi (membersihkan deposit sulfur dalam mesin), demulsifier (menghindari kandungan air pada BBM) dan corrotion inhibitor (mencegah karat pada mesin). Selain itu varian BBM ini juga memastikan suara mesin lebih halus dan lebih irit terlebih untuk kendaraan yang diproduksi diatas 2010. [Amo/Ari]


Komentar