Mengintip Beragam Teknologi di SUV Milik Peugeot Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mengintip Beragam Teknologi di SUV Milik Peugeot

Helmi  Reinaldi
pada 11 September 2019

Foto: Peugeot 5008

JAKARTA – Astra Peugeot membeberkan beberapa teknologi yang mereka tanamkan pada duo SUV andalan mereka di Indonesia, Peugeot 3008 dan 5008.

Sejatinya, baik Peugeot 3008 ataupun 5008 memiliki jenis mesin yang sama. Perbedaan paling utama hanya terletak di bagian fitur dan tampilannya.

Mesin yang digunakan oleh dua mobil SUV ini adalah mesin 1.6 Liter E-THP (Efficient – Turbo High Pressure). Mesin berteknologi turbo ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 167 HP dan torsi 240 NM. Tiap konsumsi 1 liter bensin dapat membuat mobil ini melaju 14 KM.

Mengingat mesin ini dilengkapi turbo, Peugeot melengkapinya dengan turbocharged coolant. Ini berfungsi untuk mencegah terjadinya thermal stress akibat panas berlebih.

“Peugeot 3008 SUV dan 5008 SUV menggunakan teknologi yang sudah disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia,” ujar Samsudin, Aftersales Support Astra Peugeot.

Untuk transmisinya, pabrikan mobil asal Perancis ini mengandalkan teknologi bernama EAT6 (Efficient Automatic Transmission 6) Gearbox. Proses perpindahan gigi akan menjadi lebih cepat dan mudan berkat adanya teknologi Quickshift.

Semakin memaksimalkan pengalaman berkendara, Peugeot juga menyematkan Advanced Grip Control. Teknologi ini memungkinkan pengemudi memilih mode berkendara sesuai dengan medan yang dilalui, seperti mode normal, bersalju, berpasir, berlumpur, dan ESP off.

“Beberapa mode seperti bersalju memang tidak sesuai dengan di Indonesia. Tapi kan orang Indonesia cenderung sukanya yang lengkap,” ujar Fadjar Cendekia, Finance and Marketing Astra Peugeot Indonesia. [Hlm/Idr]


Komentar