Menghidupkan Mesin Honda Civic Turbo Melalui Remote Share this

Menghidupkan Mesin Honda Civic Turbo Melalui Remote

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 25 Mei 2016

Foto: Honda Civic Turbo bisa menyala dengan sekalli tekan tombol remote.

BANDUNG - All-new Honda Civic 1.5-liter Turbo menyimpan segudang fitur baru. Salah satu yang paling menarik adalah fitur Remote Engine Start. Fungsi dari fitur ini adalah menghidupkan mesin dari luar kendaraan.

Remote Engine Start berfungsi memudahkan pengendara untuk membuka pintu mobil, menyalakan mesin dan menghidupkan ac secara otomatis. Otospirit sempat mencoba fitur canggih ini.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menjaga baterai remote dalam kondisi penuh dan pintu mobil harus dalam kondisi terkunci serta tuas transmisi di posisi P. Setelah itu, tekan tombol lingkaran pada remote sekitar 3-4 detik.

Secara otomatis remote mampu menyalakan mesin kendaraan dengan satu sentuhan tombol. Nah, untuk diingat bagi pemilik yang hendak melakukan perjalanan diharuskan menekan tombol engine start/stop di sebelah kanan pengemudi. Kenapa?

Karena sistem ECU dari all-new Honda Civic 1.5-liter Turbo harus mengenali 'kode' yang tersimpan pada remote.

Otospirit sempat tidak menekan tombol engine start/stop, tapi langsung memindahkan tuas transmisi dari P ke D, dan hasilnya mesin mobil mati mendadak. Artinya saya tidak diizinkan untuk mengendarai sedan ini. Jadi, saya harus mengikuti aturan yang sudah ditentukan.

Tujuan dari sistem pengenalan antara remote dan ECU tersebut untuk menghindari tindak pencurian mobil. Honda cukup cerdas memasang sistem keamanan pada sedan tersebut [Ikh/Idr]


Komentar