Mengenal Standar Aturan Turing Internasional Share this
Berita Motor
Mode baca

Mengenal Standar Aturan Turing Internasional

Denny Basudewa
pada 21 Januari 2020

Foto: Turing

JAKARTA – Turing dengan sepedamotor harus tetap mematuhi aturan yang berlaku agar terhindar dari insiden.

Motorcycle Safety Foundation (MSF) sebagai lembaga yang mengatur berbagai tata cara berkendara dengan sepedamotor, telah merumuskan poin penting untuk ditaati para pelaku turing. Namun sayangnya masih banyak pelaku turing baik dari komunitas maupun solo yang tidak meindahkan aturan dari MSF.

Menentukan Checkpoint
Poin penting dalam melakukan turing adalah menentukan checkpoint. Hal ini wajib dilakukan agar bisa mengukur kondisi tubuh dari pelaku turing. Seperti diketahui bahwa dalam berkendara, seseorang sebaiknya tidak menempuh perjalanan dalam waktu yang lama.

Waktu yang efektif saat berkendara adalah 2 sampai 3 jam atau jika bicara jarak 100 hingga 200 kilometer. Lebih dari itu, pengendara akan mengalami kelelahan yang akan berujung pada berkurangnya konsentrasi.

Bagi pelaku turing dengan komunitas, sangat penting menentukan checkpoint karena melakukan perjalanan dengan rombongan, lebih melelahkan daripada sendirian. Wajar bila turing dengan rombongan akan memakan waktu banyak daripada solo.

Supporting Team
Turing dengan rombongan lebih baik menyertakan tim support dan mekanik. Hal ini diperlukan agar bisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat melakukan perjalanan. Dalam hal ini supporting team juga terdapat divisi pengawalan yang sebaiknya berkoordinasi dengan aparat setempat.

Supporting team akan dibutuhkan ketika salah seorang peserta turing mengalami kendala pada motornya, maupun tubuh dari pengendara itu sendiri. Pada akhirnya turing akan berjalan lancar tanpa kendala.

Menunjuk Officer Handal
Dalam melakukan turing rombongan, tidak kalah penting adalah menentukan tim Marshal. Dalam tim ini terdapat Road captain hingga sweeper dan memiliki tugas menjaga rombongan tetap dalam satu barisan alias tidak terpecah.

Dalam menentukan Officer, diperlukan pengendara yang sudah terbukti handal dalam berkendara. Tim ini sebaiknya ditunjuk yang sudah mendapat pelatihan khusus tentang safety riding dan turing. Tim Marshal juga sebaiknya menggunakan alat komunikasi yang mendukung sepanjang perjalanan, agar bias terus mengabarkan kondisi rombongan.

Safety Gear
Turing dengan menggunakan sepedamotor bisa jadi menyenangkan jika selalu menaati peraturan yang berlaku. Sebagai upaya preventif, para peserta turing juga harus membekali diri dengan safety gear yang punya spesifikasi sesuai kebutuhan. [Dew/Ari]


Komentar