Mengenal Sepeda Nicky Hayden yang Digunakan Saat Kecelakaan Share this
MotoGP
Mode baca

Mengenal Sepeda Nicky Hayden yang Digunakan Saat Kecelakaan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 23 Mei 2017

Foto: S-WORKS specialized

CESENA - Kepergian pembalap asal Amerika Serikat, Nicky Hayden mengundang duka mendalam. Ucapan belasungkawa datang tidak hanya dari komunitas balap roda dua, tapi juga sejumlah nama besar dari Formula 1, IndyCar, NASCAR.

Hayden meninggal dunia di usia 35 tahun pada Senin (22/5/2017) atau lima hari setelah dirinya terlibat kecelakaan saat bersepeda di Rimini, Italia.

The Kentucky Kid sempat dalam kondisi kritis, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal oleh pihak rumah sakit Maurizio Bufalini di Cesena tempat di mana Hayden dirawat secara intensif.

Berbagai sumber memberitakan bahwa sang juara dunia MotoGP 2006 ditabrak mobil saat berlatih sepeda, namun ada juga yang menyebutkan Ia mengalami insiden pasca balapan di Imola World Superbike, Italia.

Nicky Hayden memang gemar bersepeda. Aktivitas ini kerap Ia jalani ketika di luar sirkuit. Pada saat kecelakaan, Hayden menggunakan sepeda lansiran pabrik Amerika Serikat, S-WORKS specialized model Dura-Ace. Ini adalah sepeda jenis road bike atau sepeda balap.

Sepeda S-WORKS specialized Dura-Ace yang digunakan hayden dihias dengan sejumlah komponen khusus dengan warna putih, hitam, merah pada bingkai untuk tampilan yang sedikit lebih mencekam.

Sepeda tersebut dihargai US$ 9.200 atau Rp 122 juta dan termasuk sepeda termahal dan terfavorit di wilayah Amerika dan Eropa. Sepeda S-WORKS specialized Dura-Ace sendiri banyak digunakan oleh pesepeda profesional.

Sepeda ini dibuat menggunakan bahan berkualitas pada rangka dan roda guna menekan bobotnya. Untuk rangkanya mengandalkan bahan material titanium dan karbon, sehingga sangat wajar jika rangkanya cuma berbobot 2-3 kg. Menariknya, frame dan fork bisa dibeli terpisah dengan harga sekitar Rp 50 juta.

S-WORKS salah satu perusahaan sepeda sukses dan pernah bekerjasama dengan perusahaan otomotif McLaren dengan meluncurkan "The Specialized McLaren Venge" yang dikembangkan selama sembilan bulan. [Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Mengenal Sepeda Nicky Hayden yang Digunakan Saat Kecelakaan


Komentar