Mengenal Sekilas Skutik Irit Suzuki Nex II Share this
Review Motor
Mode baca

Mengenal Sekilas Skutik Irit Suzuki Nex II

Adi Hidayat
pada 10 Juli 2018

JAKARTA – Suzuki Nex II diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada April 2018. Harga Suzuki Nex II dimulai dari Rp 13,950 juta - Rp 14,650 juta.

Meski Suzuki Nex II hanya ditargetkan untuk terjual sebanyak 60 ribu dalam satu tahun, namun perannya di PT SIS boleh dikatakan cukup penting. Suzuki Nex menjadi andalan untuk melengkapi jajaran skutik yang selama ini telah dikuasai oleh para kompetitornya.

Guna memperlihatkan perfomanya, Suzuki pun menggelar test ride Suzuki Nex II dengan rute Kemang Jakarta Selatan - Tangerang. Rute ini dianggap cocok karena Suzuki Nex memang merupakan skutik yang umumnya digunakan di kawasan perkotaan dengan tingkat kepadatan cukup tinggi.

Mesin berkapasitas 115 cc diklaim cukup untuk melintasi jalanan di perkotaan yang terkenal dengan kepadatannya. Malah, dengan mesin yang kecil tersebut, maka efisiensi bahan bakar pun diharapkan bisa menjadi lebih baik.

Kapasitas tangki BBM Suzuki Nex II telah bertambah bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pada Suzuki Nex generasi pertama, kapasitas tangki BBM hanya 3,5 liter kini bertambah menjadi menjadi 3,6 liter. Pengembangan lain Suzuki Nex II juga meliputi pengaplikasian teknologi bernama Suzuki Eco Performance (SEP) dan Suzuki Easy Start System.

Nex II juga bisa dibilang sebagai Skutik irit BBM (Bahan Bakar Minyak). Anda bisa melaju sejauh 49 kilometer hanya dengan konsumsi BBM 1 liter. Suzuki mengujinya dengan menggunakan metode Worldwide Motorcycle Test Cycle.

Secara dimensi, Suzuki Nex II memiliki ukuran lebih besar, 1.890 mm x 675 mm x 1.045 mm (P x L x T). Sementara pendahulunya adalah 1.850 mm x 665 mm x 1.035 mm.

Desain dan rangka baru Nex II berdampak kepada floorboard. Panjang bagian tengah floorboard meningkat menjadi 168 mm dari 125 mm, sementara panjang di bagian ujungnya dari 398 mm menjadi 535 mm. Alhasil legroom menjadi lebih besar dan tentu pengendara menjadi lebih nyaman.

Begitu pula dengan bobotnya di mana model anyar ini lebih berat 3 kg (93 kg) dibanding Suzuki Nex lama (90 kg). Dengan penambahan dimensi ini, diharapkan kenyamanan berkendara juga akan meningkat.

Suzuki Nex II 2018 dijual dalam pilihan varian Standard / Elegant; Sporty Runner; Elegant Premium; dan Fancy Dynamic.

Lantas bagaimana perfoma mobil ini, simak ulasannya pada artikel selanjutnya. [Adi/Ari]


Komentar