Mengenal “Rossi Sang Legenda” Melalui Coretan Seorang Jurnalis Share this
MotoGP
Mode baca

Mengenal “Rossi Sang Legenda” Melalui Coretan Seorang Jurnalis

Denny Basudewa
pada 14 Desember 2017

Foto: Biografi Rossi

JAKARTA – Mengenal kehidupan Valentino Rossi baik di dalam, maupun di luar lintasan balap yang dirangkum oleh seorang jurnalis balap asal Prancis.

Nama Rossi sangat populer di kejuaraan balap motor. Saking terkenalnya, pembalap kelahiran Tavulia, Italia tersebut memiliki begitu banyak penggemar di seluruh penjuru muka bumi. Selain piawai mengendalikan kuda besi di lintasan, perilakunya yang menyenangkan di luar lintasan, membuatnya dicintai banyak orang.

Hingga saat ini pembalap berjuluk The Doctor itu telah memenangkan gelar juara dunia sebanyak sembilan kali dari bermacam kelas (GP125, GP250 dan GP500 – sekarang MotoGP). Prestasinya yang segudang, menggelitik seorang jurnalis Perancis yakni Michel Turco, untuk mengabadikannya dalam bentuk tulisan.

Pengalaman sebagai wartawan yang berkecimpung di dunia balap selama puluhan tahun, begitupun kedekatannya dengan Rossi, dijadikan sebuah buku biografi. Buku yang tulis merupakan perjalanan karir balap sang legenda hidup, sejak anak-anak hingga akhir musim balap 2016.

Biografi pembalap Movistar Yamaha tersebut telah dipasarkan sejak November 2016 di Perancis. Dikatakan hingga saat ini, buku tentang Rossi telah terjual sebanyak 26 ribu. Bahkan menjadi buku paling laris kelima di Perancis.

Seorang warga Perancis bernama Dominic Loth, berinisiatif untuk membuat buku tersebut namun dalam versi bahasa Indonesia. Melalui PT Buku Kita, catatan sejarah tentang sang pembalap didistribusikan.

“Melihat banyaknya penggemar Valentino Rossi dan MotoGP pada khususnya, saya merasa tertantang untuk menerjemahkan buku ini dalam bahasa Indonesia,” ujar Dominic di Jakarta (14/12/2017)

Buku sebanyak 237 halaman ini sejatinya akan dipasarkan di jaringan toko buku Gramedia, dan beberapa e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia dan Lazada. Selain itu, mereka juga menawarkan buku tersebut melalui sosial media para penggemar sang pembalap.

Adapun harga yang ditawarkan seharga Rp 148 ribu. Dominic mengatakan bahwa dirinya menargetkan produknya akan mampu terjual sebanyak 9.000 eksemplar. [Dew/Ikh]


Komentar