Mengenal Fitur Canggih e-Pedal Milik Nissan Leaf Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mengenal Fitur Canggih e-Pedal Milik Nissan Leaf

Helmi  Reinaldi
pada 10 September 2019

Foto: Nissan Leaf

JAKARTA – Tidak hanya ditawarkan sebagai mobil ramah lingkungan, mobil listrik Nissan Leaf ternyata memiliki sebuah fitur menarik yang disebut sebagai e-Pedal.

Fitur e-Pedal merupakan bagian dari teknologi Nissan Intelligent Driving yang disematkan di Nissan Leaf. e-Pedal memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk memulai, mempercepat, memperlambat, menghentikan dan menahan laju mobil dengan menggunakan satu pedal gas.

“e-Pedal ini sangat easy dan fun digunakan terutama saat kita perlukan riding dengan mood stop and go. Sehingga kita tidak perlu terlalu capek dengan pindah-pindah pedal throttle dan brake,” ujar Jauhari Adzannis, Senior Manager R&D Nissan Motor Indonesia.

Dengan hanya melepaskan pedal gas, mobil akan sepenuhnya berhenti mulus tanpa perlu menekan pedal rem. e-Pedal membuat pengemudi tidak perlu memindahkan kakinya dari pedal gas ke pedal rem untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan.

“Efek brake dari Nissan Leaf ini didapatkan dari regeneratif action dari motor dan juga secara otomatis dia akan men-trigger untuk brake booster. Sehingga tetap menggunakan disk break sebagai media untuk memberhentikan kendaraan,” jelas Jauhari di sela-sela acara test drive Nissan Leaf, Senin (9/9/2019).

Menurut pihak Nissan, fitur ini juga tetap mampu menjaga mobil tetap berhenti meski tanpa bantuan rem tangan. Ini memungkinkan berkat fitur Auto Hold yang akan mengaktifkan tekanan rem hidrolik pada keempat roda mobil untuk menahan kendaraan setelah kendaraan berhenti total.

Lalu bagaimana jika butuh pengereman saat melaju di kecepatan tinggi? Tidak perlu khawatir, karena pedal rem konvensional tetap bisa dioperasikan dengan normal.

“Jadi kalau kita membutuhkan hard braking saat high speed, itu masih bisa kita pakai konvensional pedal brake-nya,” pungkas Jauhari. [Hlm/Idr]


Komentar