Mengenal Desainer Baru MINI (Bagian 1) Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mengenal Desainer Baru MINI (Bagian 1)

Denny Basudewa
pada 15 Januari 2018

Foto: Oliver Heilmer MINI

MUNICH – Mengenal Oliver Heilmer, desainer baru MINI yang bergabung sejak September 2017.

Bagi seorang desainer, menciptakan barang atau produk yang dicintai orang banyak merupakan seuatu keharusan. Terlebih untuk perancang mobil, hasil karyanya tidak hanya harus enak dilihat, namun memberikan kebanggaan bagi konsumen.

Bagi Heilmer, desain tidak hanya merupakan karir semata. Menjabat sebagai Head of MINI Design, Ia terlibat dalam urusan rancang bangun brand MINI yang sangat ikonik.

Heilmer sendiri mulai menggambar sebuah mobil sejak masih kecil. Pilihan hidup yang Ia jalani bahkan mendapat reaksi skeptis atau diragukan pihak keluarganya. Namun Heilmer semakin yakin dengan pilihan hidupnya setelah magang di produsen mobil terkenal di Stuttgart.

“Mobil selalu bisa membuat saya tertarik. Saya mulai menambahkan spoiler pada gambar mobil di majalah ketika masih kecil. Kemudian hal itu berlanjut (menggambar) pada mobil saya sendiri. Profesi sebagai desainer tidaklah sepopuler kedokteran ataupun hukum, sehingga pilihan ini sempat diragukan oleh keluarga saya,” ujar Heilmer.

Sebagai seorang desainer, Heilmer bisa mendapatkan ide dari mana saja. Ia mampu menerjemahkan apa yang dilihat oleh kedua matanya, kemudian menjadi sebuah desain yang sangat indah. Dirinya juga menyukai benda-benda berbau teknis.

“Esensinya saya sangat tertarik oleh apapun yang bisa membuat berimajinasi lalu berkreasi. Contohnya musik yang sangat menginspirasi bisa dari Jazz hingga hip-hop. Waktu kecil saya tertarik untuk memodifikasi mesin potong rumput dari kebun milik kakek,” jelasnya kemudian.

Desainer MINI Oliver Heilmer MINI

Menurutnya desain yang bagus haruslah konsisten dan mencerminkan suatu tujuan. Ia mengibaratkan BMW X6 yang dirancang dengan menggunakan kayu. Dikatakan bahwa teori saja tidak cukup tanpa usaha yang benar.

Sebagai seorang desainer yang bekerja untuk brand kenamaan seperti MINI, Heilmer menganggap produk-produk yang dihasilkan adalah brand yang unik. Ia mendifinisikan MINI sebagai merek yang tidak ada duanya.

“MINI mewujudkan rasa percaya diri dan sikap modern, dengan menyingkirkan anggapan mewah dalam sebuah dimensi. Tidak peduli seberapa mahal dan eksklusifnya MINI, namun tetap kompak jika dilihat dari luar. MINI selalu mendapatkan konsumen yang unik dan menemukan koneksi dengan mobilnya,” kata Heilmer.

Desainer MINI Oliver Heilmer MINI

Seperti dikatakan pada awal tulisan, menjadi seorang desainer selalu dituntut untuk menghasilkan produk terbaik. Ia mengatakan teknologi yang ada saat ini akan membantu pekerjaannya menjadi lebih positif ke depannya.

Salah satu yang bisa membuatnya bangga akan pekerjaannya adalah tantangan untuk memimpin suatu proyek, dan berkesempatan untuk melakukan banyak hal. Ia berharap ke depannya bisa menciptakan desain MINI yang membuatnya bangga di kemudian hari. [Dew/Ari]


Komentar