Mengenal all-new BMW 3 Series dan Sejarahnya Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mengenal all-new BMW 3 Series dan Sejarahnya

Denny Basudewa
pada 25 Juli 2019

Foto: All-new BMW 3 Series

TANGERANG – All-new BMW 3 Series naik kelas karena telah mengusung berbagai fitur baru yang canggih, fungsional, sporty dan sebelumnya telah diterapkan pada 7 Series serta 5 Series.

BMW Seri 3 generasi pertama diluncurkan pada periode 1975 – 1983. Penerus 2 Series tersebut diperkenalkan di Munich dengan satu inovasi, kemudian menjadi fitur standar untuk semua model BMW, yakni dashboard yang miring ke arah pengemudi. Detail desain lainnya – seperti overhang pendek di bagian depan, double-kidney grille, garis lipatan di sepanjang bodi, lampu depan kembar yang terdapat pada beberapa model, serta Hofmeister kink pada C-pillar - tetap menghiasi generasi berikutnya.

BMW 3 Series generasi 2 lahir dengan kode E30 di periode 1982 hingga 1994. Pada generasi ini di Indonesia dikenal dengan mobil Mas Boy (kendaraan yang digunakan aktor utama Catatan Si Boy). BMW 3 Series generasi kedua juga menjadi Seri 3 pertama yang mulai dijual secara luas di Indonesia.

Generasi ketiga dari BMW 3 Series menyapa para penggemarnya pada 1990 hingga 2000. Kendaraan dengan kode E36 ini menawarkan pilihan tenaga mulai dari 99 – 321 hp. Salah satu ciri khasnya adalah mulai digunakan kaca penutup yang dipasang membungkus dua lampu kembarnya.

Lalu penerusnya yakni BMW 3 Series generasi keempat muncul pada 1997 – 2006 dan diberi kode E46. Untuk pertama kalinya, perbedaan styling yang signifikan terlihat dalam jajaran Seri 3, dengan model Coupe, Convertible dan Compact masing-masing memiliki bentuk bahasa sendiri.

Sebagai penerus, BMW E90 atau generasi kelima mulai dipasarkan pada 2005 hingga 2013. Pilihan tenaga yang ditawarkan mencakup 90 -331 hp. Hanya butuh waktu satu tahun hingga mobil ini bisa mendapatkan gelar World Car of the Year di Geneva Motor Show 2005.

Setelah sukses dengan E90, pabrikan mobil asal Jerman ini memperkenalkan 3 Series generasi keenam (F30). Teknologi yang makin canggih dan nafas sporty makin menebal pada model ini. Menutup generasinya, BMW Indonesia meluncurkan varian Sport Shadow yang menajamkan identitasnya sebagai sedan sport.

All-new BMW 3 Series

Bertempat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Generasi ketujuh dari sedan premium entry-level ini lahir dan menyapa para pelanggan setianya di Tanah Air. Kendaraan ini dibekali fitur unggulan seperti Active Kidney Grille, mesin lebih bertenaga, kabin lebih lapang hingga fitur semi otonom.

BMW Seri 3 terbaru telah dilengkapi dengan fitur Reversing Assistant. Fitur ini membuat kendaran untuk dapat mundur kembali ke posisi semula, secara otomatis dengan jarak 50 m dengan rute yang sama saat bergerak maju. Fitur ini berguna saat pengendara menghadapi rintangan di depan dan harus kembali dengan posisi mundur.

Keuntungan membeli All-new BMW Seri 3 di GIIAS 2019.

BMW menawarkan solusi yang memudahkan keseharian konsumen yang hendak menggunakan kendaraan terbarunya untuk kegiatan sehari-hari khusus untuk transaksi di GIIAS 2019. Konsumen yang ingin memiliki produk terbaru dari BMW tersebut, tidak perlu khawatir dalam menunggu lama dalam menunggu unit All-new BMW Seri 3 datang dan tetap terus beraktivitas bersama BMW Seri 3.

Konsumen akan mendapatkan unit F30 yang merupakan generasi keenam dari 3 Series. Lalu produk yang diinginkan akan dikirim ke rumah konsumen, ketika unit telah tersedia. Sebagai informasi, all-new BMW 3 Series baru mulai diantarkan ke rumah konsumen pada periode September-Oktober 2019. Program ini sendiri ditawarkan bagi konsumen yang melakukan pembelian secara kredit. [OS]


Komentar