Mengakrabi New Honda Mobilio RS CVT di Bali Share this
Review Mobil
Mode baca

Mengakrabi New Honda Mobilio RS CVT di Bali

Krisna Arie
pada 06 Februari 2017

Foto: Test drive new Mobilio RS CVT di Bali

DENPASAR – Hi OS Lovers, kami diajak PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk merasakan new Honda Mobilio di "Pulau Para Dewa", Bali selama tiga hari mulai 1-3 Februari 2017.

HPM juga mengundang sejumlah jurnalis untuk menguji performa LMPV di Indonesia itu dengan acara yang dikemas menarik bertajuk Enjoy New Sensations. Bagaimana kenikmatan berkendara di Bali bersama mobil keluarga ini? Berikut hasil ulasan lengkap kami.

New Honda Mobilio New Honda Mobilio dites jurnalis di Bali

Eksterior

Rasanya tidak salah jika mengatakan new Honda Mobilio RS CVT sebagai LMPV dengan tampilan paling menarik di Indonesia. Versi facelift ini tampak lebih dinamis dan seperti yang sudah mobil123.com ulas sebelumnya, MPV 7-seater ini menganut konsep outstanding style, high utility, advance feature dan value for money.

Pada titik ini rasanya acungan jempol layak diberikan untuk tim desainer Honda. Kombinasi apik pada bagian front-end mulai dari kap mesin, fender, lampu, gril hingga  bumper depan berhasil mendongkarak penampilan menjadi segara dan lebih menarik dari generasi sebelumnya.

New Mobilio RS tampak makin sporti dengan ditunjang penggunaan atap berwarna hitam. Sepintas lalu seperti sebuah panoramic roof, namun ini hanya permainan warna, sepertinya sederhana namun memiliki pengaruh yang cukup besar pada sisi penampilan.

New Honda Mobilio Interior new Honda Mobilio

Interior

Jujur, first impression saat mencermati ruang interior, praktis bak deja vu. Auranya tak ubahnya saudara-saudara dari new Honda Mobilio seperti Honda Brio RS atau Honda BR-V. Boleh dibilang siapa saja yang masuk ke dalamnya akan langsung akrab, ergonomika khas Honda kental terasa.

Salah satu ubahan menarik untuk disimak adalah jok dengan headrest yang kini terpisah. Jika Anda memposisikan pada jok pengemudi atau penumpang depan, posisi badan terutama pada leher boleh dibilang lebih nyaman dibanding sebelumnya. Hal ini juga ditunjang oleh busa jok yang lebih tebal.

Lebih lanjut,  new Mobilio RS CVT memiliki layar MID lebih berkelas yang ditunjang dengan kelengkapan 6 speaker. Tak ketinggalan kini juga terdapat New Auto AC, desain meter cluster baru dan interior hitam dengan kombinasi jahitan orange.

Selama berkeliling kota Bali, hal menarik datang dari visibilitas dan kelapangan kabin New Mobillio RS. Jok barunya menghasilkan nilai positif pada jarak padang. Dan rasanya tidak sulit untuk menemukan posisi duduk terbaik untuk keselurahan penumpang. Posisi kaki dan head room cukup nyaman untuk dinikmati oleh 7 penumpang dewasa dengan tinggi rata-rata orang Indonesia.

Catatan kecil Mobil123 hanya terdapat pada sistem insulasi atau peredam dari new Mobilio RS CVT. Rasanya masih tak ada perbedaan, walau masih dalam batas toleransi, namun suara-suara dari bagian mesin, ruang roda atau deru kendaraan di luar masih cukup terasa di dalam ruang interior. Ini sedikit mengurangi kenikmatan perjalanan terutama saat mendengarkan musik kesayangan Anda. Catatan lainnya adalah soal material kabin yang masih tampak menggunakan plastik tipis berkualitas biasa.

New Honda Mobilio New Honda Mobilio saat melintasi daerah Kuta

Mesin dan performa

New Mobilio RS CVT masih tetap mengandalkan mesin yang sama dengan pendahulunya berseri L15Z1. Berkapasitas 1.5 liter, mesin berkonfigurasi 4 silinder ini memiliki tenaga 116 hp dan torsi 145 Nm. Dan sebagai penerus tenaga, sistem transmisi CVT andalan masih menjadi partner terbaik bagi mesin-mesin Honda.

Sepanjang perjalanan di seputaran Selatan Bali, karakter penggendaraan new Mobilio RS CVT praktis tak ada perbedaan dengan sebelumnya. Keluaran tenaga mesin tergolong moderat, praktis sama dengan mesin-mesin 1.5 liter yang ada. Setting berada di titik toleransi jadi bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan perkotaaan, jalur bebas hambatan maupun luar kota. Pendek kata, lincah untuk digunakan di jalan-jalan Bali yang didominasi ruas sempit dan padat juga cukup mantap saat melintasi tol Bali Mandara hingga wilayah perbukitan di sebelah Selatan Bali.

Mantapnya pengendaraan new Mobilio RS CVT juga tak lepas dari dua fitur terbarunya yakni VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist). Jujur saja VSA dapat bekerja maksimal saat mereduksi gejala negatif pengendaraan. Sementara HSA bekerja maksimal saat menjelajah jalan menanjak. Fitur ini dapat menahan tekanan rem sesaat sebelum mobil bergerak maju, praktis tidak ada lagi gerakan mundur saat berada di tengah tanjakan.

New Honda Mobilio New Honda Mobilio di Tanjung Benoa

Kesimpulan

Secara umum new Honda Mobilio bisa dibilang yang terbaik di kelasnya. Hal ini Mobil123 simpulkan dari sisi desain dan rancang bangun, interior, mesin serta performa. Dan versi terakhir kini memiliki perangkat yang mampu membuat perjalanan lebih menyenangkan plus menunjang safety yakni VSA serta HSA.

Yang sedikit masih menjadi ganjalan tentunya terletak pada material interior plus finishingnya. Tidak seperti sisi ergonomika yang selalu mendapat nilai 2 jempol, kualitas bahan dan pengerjaan kabin pada generasi terbaru Mobilio boleh dibilang tidak ada perubahan. Secara umum tampak seperti menggunakan material low grade plus pengerjaan yang kurang rapi. Jika HPM melakukan sedikit improvement pada titik ini mungkin Mobilio akan lebih sempurna.

HPM menawarkan new Honda Mobilio RS CVT yang merupakan varian top of the line dengan harga Rp 243,5 juta. Sementara varian lainnya dibandrol dengan harga masing-masing RS MT dibanderol Rp 233 juta, E CVT Rp 221 juta, tipe E M/T Rp 210 juta dan terendah S M/T yang dijual Rp 189,5 juta. [Ari/Ikh]


Komentar