Melesat Bersama All-new Yamaha R15 Share this
Review Motor
Mode baca

Melesat Bersama All-new Yamaha R15

Denny Basudewa
pada 31 Januari 2017

Foto: Otospirit merasakan all-new Yamaha R15 di Sirkuit Sentul, Bogor.

BOGOR – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggoda para biker Tanah Air dengan mengenalkan all-new Yamaha R15.

Bagaimana tidak, motor sport berkapasitas 155cc ini tampil lebih atraktif dengan desain sporty. Selain itu YIMM menyematkan sejumlah fitur yang sebelumnya hanya digunakan pada sepedamotor berkapasitas besar saja alias moge.

Beberapa waktu lalu, tim Otospirit.com sempat merasakan performa kuda besi Yamaha ini di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat. Sepedamotor dengan berat kosong 137 kg (wet weight) ini seakan menantang kami untuk merasakan performanya.

Test Ride All-new Yamaha R15 All-new Yamaha R15

Sebagai motor sport di segmen 150cc, all-new R15 memang bukanlah yang pertama menggunakan tampilan futuristik. Desain body dengan sudut-sudut lancip dan tajam pertama kali terlihat pada All-new CBR 150R. Namun manufaktur berlambang Garpu Tala ini menerapkan gaya berbeda yaitu mengadopsi desain Yamaha R6.

DNA R-Series tersebut yang membuat motor ini dijuluki “Baby R6”. Penggunaan rangka Deltabox juga membuat all-new R15 terlihat lebih kokoh dari kompetitornya. Tidak ingin berlama-lama, kami langsung mencoba kendaraan yang memesona ini.

Menunggangi motor dengan tinggi tempat duduk 815 mm membuat kami yang memliki tinggi badan 169 cm sedikit “jingjit”. Badan langsung tertunduk seraya memegang alat kemudi kendaraan. Desain ala motor balap namun tetap mewah benar-benar terasa pada bagian ini.

Test Ride All-new Yamaha R15 Panel instrument all-new Yamaha R15

Panel instrumen segera menyapa kami dengan tampilan serba digital. Di dalamnya panel tersebut memberikan berbagai informasi seperti gear position, shift timing indicator, water temperature, netral indicator, clock, setting mode, self diagnosis, average (speed dan fuel economy), VVA indicator dan spidometer.

Puas dengan panel instrumen, kami mulai mengamati beberapa switch yang terdapat di kanan maupun kiri alat kemudi. Bagian paling menarik adalah adanya fitur hazard di sebelah kanan layaknya sebuah moge. Selain itu switch high beam juga berbeda pada umumnya, YIMM membuatnya lebih menarik dan mudah digunakan.

Mesin all-new R15 langsung menunjukkan tajinya sejak mesin pertama dinyalakan. YIMM memang masih menggunakan teknologi mesin Single Over Head Cam (SOHC) pada produk terbarunya tersebut. Namun mereka tetap membekali ruang bakar dengan perangkat berkualitas seperti forged piston, Diasil cylinder, offset cylinder. Beberapa peranti tersebut membuat motor ini berani menggunakan kompresi 11,6:1.

Test Ride All-new Yamaha R15 OS menaklukkan all-new Yamaha R15 di Sirkuit Sentul

Memasuki Sirkuit Sentul, kami mencoba beradaptasi dengan tunggangan terlebih dahulu. Motor ini dengan cepat melesat seketika kami membuka selongsong gas secara penuh. Kebetulan kami kendaraan yang kami uji telah dipersenjatai ban slick, sehingga menambah tingkat kepercayaan diri melahap setiap tikungan Sentul.

Fitur Assist & Slipper Clutch pada all-new R15 sangat membantu kami untuk cepat beradaptasi. Teknis perpindahan gigi semakin mudah dan akurat tentunya. Pentingnya fitur ini sangat terasa pada saat memasuki tikungan. Motor sangat stabil meskipun perpindahan gigi dilakukan sangat cepat, tidak gerakan berlebihan pada kendaraan.

Test Ride All-new Yamaha R15 Bokong all-new Yamaha R15

Dengan bobot joki yang agak berlebih, all-new R15 mampu dipacu hingga kecepatan 135 kpj pada trek lurus sirkuit. Dengan kondisi kedua kaki merapatkan ke body motor, all-new R15 melesat cepat tanpa hambatan.

Dengan dikenalkannya all-new Yamaha R15 di Indonesia, membuat persaingan di segmen 150cc semakin memanas. Terlebih kompetitor juga baru saja meluncurkan produk yang tidak kalah keren (Suzuki GSX-R 150). Siapa pemenangnya? Silakan pilih sesuai kebutuhan dan selera OS Lovers. [Dew/Ikh]


Komentar