Melepas Puluhan Penyu di Jambak Sea Turtle Camp Share this
Hangout
Mode baca

Melepas Puluhan Penyu di Jambak Sea Turtle Camp

Amos Arya
pada 15 Januari 2018

PADANG - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membangun fasilitas penangkaran penyu yang berlokasi di Pantai Pasir Jambak, Padang, Sumatera Barat.

Daihatsu Indonesia menunjukkan keseriusannya dalam melestarikan lingkungan di Tanah Air. Jambak Sea Turtle Camp sendiri merupakan salah satu inisiasi oleh Pati Hariyose yang merupakan salah satu pengelola usaha wisata pantai dan kemudian mendapatkan perhatian dari PT Astra Daihatsu Motor.

Tempat wisata bahari berbasis konservasi ini berhasil mencuri perhatian wisatawan dalam negeri dan manca negara. Wajar apabila banyak sekali kegiatan telah digelar di Jambak Sea Turtle Camp oleh berbagai kalangan masyarakat.

Semakin berkurangnya populasi penyu di Indonesia menjadi latar belakang dihadirkannya tempat penangkaran ini. Pantai pasir putih yang berjarak kurang lebih 11 km dari kota Padang ini juga memiliki akses yang sangat mudah sehingga pengunjung tak lagi mengalami kesulitan untuk berkunjung dan menikmati pemandangan alam.

Pati Hariyose sendiri telah berjuang sejak 2012 untuk mengumpulkan telur-telur penyu di sepanjang Pantai Pasir Jambak. Telur-telur tersebut akan direlokasi, diinkubasi secara alami di lokasi yang dikelola olehnya.

Perjuangan pemuda kelahiran Padang 9 Maret 1979 yang bersaing dengan para pencari telur akhirnya mendapatkan perhatian oleh pemerintah pada 2013. Pada awal perjuangannya, pemuda yang akrab dipanggil Yose ini telah mengumpulkan 5.000-6.000 butir telur penyu.

Namun sejak adanya perhatian pemerintah, Yose tidak bekerja sendiri melainkan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. PT Astra Daihatsu Motor yang juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan turut membantu perjuangan Yose.

Produsen mobil asal Jepang ini kemudian membangun sebuah fasilitas penangkaran penyu di wilayah Pantai Pasir Jambak. Sejak dibangunnya fasilitas ini, semakin banyak masyarakat yang peduli akan populasi penyu dan menggelar berbagai kegiatan edukasi di tempat ini. [Amo/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Melepas Puluhan Penyu di Jambak Sea Turtle Camp


Komentar