McLaren Senna Seharga Rp 14,4 Miliar Diantar ke Pembeli Pertamanya Share this
Mobil Baru
Mode baca

McLaren Senna Seharga Rp 14,4 Miliar Diantar ke Pembeli Pertamanya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 19 Juli 2018

NEWYORK - McLaren Senna nyatanya mampu memikat seorang kolektor mobil bernama Michael Fux yang bahkan kian bangga karena mendapatkan unit produk pertama. 

Pasce peluncurannya, pihak pabrikan menyebut McLaren Senna hanya akan diproduksi sebanyak 500 unit saja. Sepertiga dari kapasitas tersebut sudah berjalan dan unitnya juga baru saja dikirimkan kepada pembeli pertamanya.

Fux beruntung karena mendapatkan produksi pertama McLaren Senna di garasinya. Bagi pembeli seperti Fux, McLaren Senna sangat memikat lantaran menjadi mobil paling ekstrim McLaren peruntukkan jalan raya.

Hal paling signifikan terlihat di mana supercar ini dibangun dengan bodi karbon fiber. Bahkan, McLaren Senna juga disemati 67 perangkat khusus, sehingga untuk membuat satu unit saja membutuhkan waktu hampir 1.000 jam.

Sebuah kebanggaan pula bagi Fux karena bodi mobil dikelir sesuai keinginannya. Alhasil, warna hijau pun mendominasi bagian eksterior dan interior mobil. Tentu saja pihak pabrikan memadukannya dengan warna lain agar tampak kontras dan sporty.

"Kami bangga karena bisa mengirimkan McLaren Senna pertama di pasar Amerika Utara. Ini adalah mobil spesial karena didesain dan digarap sebagai mobil jalanan terkuat sekaligus untuk balapan yang pernah dibuat McLaren. Kami tahu bahwa pemiliknya tidak sabar untuk membawanya ke sirkuit dan kami menantang mereka berada di belakang kemudinya," ujar Tony Joseph, Presiden McLaren Amerika utara.

Mengambil DNA dari nama pembalap Formula 1 legendaris Ayrton Senna, keluarga baru dari McLaren ini dikembangkan sebagai produk paling responsif. McLaren Senna dibekali mesin V8 twin turbocharged berkapasitas 4.0 L. Tenaga maksimal yang dihasilkannya mencapai 789 hp dan torsi 799 Nm. Akselerasinya dari 0-100 km/jam bisa diraih dalam waktu 2,8 detik saja.

Tidak hanya menjanjikan tenaga buas, McLaren Senna juga dilengkapi dengan perangkat pendukung aero kit serta sayap di bagian belakang. Bagian ini bisa diaktifkan untuk menekan downforce McLaren Senna. Ini penting karena mobil tersebut memiliki bobot yang terbilang ringan yakni 1.197 kg. Wajar pula jika supercar ini dijual dengan harga $ 1 juta atau sekitar Rp 14,4 miliar. [Ary/Ari]


Komentar