Maverick Vinales Kenalkan All-new Yamaha R15 di Sentul Share this
Motor Baru
Mode baca

Maverick Vinales Kenalkan All-new Yamaha R15 di Sentul

Denny Basudewa
pada 23 Januari 2017

Foto: Maverick Vinales Kenalkan All-new Yamaha R15 di Sentul

BOGOR - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya membuka selubung all-new Yamaha R15 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (23/01). Peluncuran motor ini dihadiri oleh Maverick Vinales.

Setelah banyak spy shoot generasi terbaru R15 beredar di media massa, YIMM akhirnya membeberkan wujud nyata sepedamotor jenis sport tersebut. Menjadi menarik karena pembalap Movistar Yamaha MotoGP Maverick Vinales ditunjuk sebagai brand ambassador all-new Yamaha R15.

Ini merupakan kali pertama YIMM melakukan pengembangan pada R15, sejak diluncurkan April 2014. Motor yang dijuluki baby R6 tersebut kini diklaim lebih racy dan luxury. Selain tampilan yang lebih futuristik, motor ini juga dikatakan mengalami perbaikan performa.

Desain all new R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur super sport. Paling kentara karena motor ini menggunakan rangka deltabox yang terbukti kokoh, berpadu dengan alumunium rear arm bentuk baru. Kombinasi ini diklaim membuat motor stabil dengan distribusi bobot 50:50.

"Sentul merupakan tempat yang sangat penting bagi kami, karena Valentino Rossi pernah juara di sini di kelas 125cc. All-new R15 mengusung DNA balap sehingga kami yakin dapat memenuhi permintaan para konsumen di Indonesia. Kami juga yakin produk baru kami dapat memperkuat pangsa pasar motor model sport di Tanah Air," ucap Minoru Morimoto President Director, Chief Executive Officer YIMM.

Pengembangan model terbaru Yamaha R15 2017 sendiri dikatakan berdasarkan masukan dari komunitas R-Series. Performa motor sendiri diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya dengan mengandalkan mesin 155cc berteknologi Variabel Valve Actuation (VVA). Hal ini membuat produk terbaru Yamaha tersebut tidak hanya berperforma, namun tetap irit bahan bakar.

All-new Yamaha R15 memiliki tenaga maksimal sebesar 14.2 kw (19 hp) pada 10.000 rpm. Motor ini juga memiliki torsi besar yakni 14.7 nm pada 8.500 rpm. Hasil ini membuat motor tersebut menjadi yang terkencang di kelas motor sport.

Teknologi baru yang diterapkan YIMM pada all-new Yamaha R15 adalah assist & slipper clutch yang membuat perpindahan gigi semakin mudah. Selain itu produk baru ini juga telah dipersenjatai suspensi upside down dengan fork 37 mm. Tunganggan semakin stabil dengan penggunaan ban bertapak lebar 100/80-17 depan dan 140/70-17 belakang.

Calon konsumen yang hendak memboyong kuda besi ini mesti bersabar. Karena hingga saat ini pihak YIMM belum secara resmi meluncurkan all-new Yamaha R15 2017. [Dew/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Maverick Vinales Kenalkan All-new Yamaha R15 di Sentul


Komentar