Marquez Tunggangi Honda Scoopy Repsol Edition di Sirkuit Buriram Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Tunggangi Honda Scoopy Repsol Edition di Sirkuit Buriram

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 15 Februari 2018

Foto: Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez naik Honda Scoopy di Tes Pramusim MotoGP, Thailand. (Photo: Motogp.com)

BURIRAM -- Marc Marquez, pembalap Repsol Honda MotoGP, pernah menyebut dia akan mencoba Chang International Circuit, Thailand, dengan skutik dan ternyata menggunakan Honda Scoopy.

Hal itu dia lakukan sebelum seluruh tim dan pembalap MotoGP menjalani tes pramusim di Thailand, 16-18 Februari 2018. Hari ini (15/2/2018) mereka diperkenankan untuk mencicipi lintasan sirkuit yang berlokasi di Buriram, Thailand.

Sebagian pembalap memilih untuk berlari-lari santai. Akan tetapi, Marquez justru belajar menghafal sirkuit dengan mengendarai skutik Honda Scoopy Repsol.

Menariknya, Honda Scoopy yang digunakannya menggunakan livery tim balap Repsol Honda. Sepertinya, pihak AP Honda Thailand mendesainnya secara khusus untuk Marquez maupun Dani Pedrosa. Padahal, di lineup Honda Scoopy yang ditawarkan mereka tidak ada varian tersebut.

Honda Scoopy merupakan salah satu produk buatan PT Astra Honda Motor (AHM). Thailand juga menjadi salah satu destinasi ekspor di wilayah Asia Tenggara.

Sama pula dengan versi yang beredar di Indonesia, Honda Scoopy dibekali mesin 110 cc berteknologi eSP 4-stroke PGM-FI. Teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang tertanam terintegrasi dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus dan menjadi dasar pengaplikasian Idling Stop System (ISS). Fungsi ISS adalah mematikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti lebih dari 3 detik. Untuk menyalakannya kembali hanya perlu memuntir gas saja.

All-new Honda Scoopy 2018 juga diklaim responsif. Akselerasi Scoopy dari jarak 0-200 m hanya membutuhkan waktu 12,73 detik. Sementara kecepatan tertingginya adalah 91,3 km/jam.

Konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya dapat mencapai 59 km/liter. Catatan tersebut dilakukan dengan metode pengujian ECE R40 melalui fitur ISS dengan pengetesan EURO 3 (EURO 2 = 61,9 km/liter).

Skutik ini juga dilengkapi berbagai sistem keselamatan yang cukup, mulai dari tuas pengunci Brake Lock System, Side Stand Switch hingga perangkat rem Combi Brake System.

Di Indonesia, harga Honda Scoopy 2018 Rp 17.800.000,00 (on-the-road DKI Jakarta). [Ary/Idr]


Komentar