Marquez Semakin Matang Sebagai Pembalap Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Semakin Matang Sebagai Pembalap

Denny Basudewa
pada 29 Juli 2019

Foto: Marc Marquez

BARCELONA – Marc Marquez menjalani MotoGP 2019 dengan catatan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pembalap Repsol Honda tersebut mampu melewati paruh pertama musim dengan catatan nyaris sempurna. Tercatat, Ia hanya mengalami satu kali kecelakaan saat balapan berlangsung. Hal itu dialami saat membalap di MotoGP Amerika Serikat 2019.

Marquez pernah mengatakan bahwa motornya musim ini lebih sulit dikendarai. Namun dengan tenaga mesin yang lebih dahsyat dan karakter dari Honda RC213V yang berbeda, membantunya untuk tidak banyak mengalami insiden saat balapan.

“Tahun ini sepertinya tentang sasis motor, mungkin kami kehilangan beberapa poin di beberapa seri. Tapi kami mendapatkan pelajaran di sisi lain. Mesin motor tahun ini lebih banyak menghasilkan tenaga yang memungkinkan kami sedikit lebih aman di tikungan,” ucap Marquez seperti dikutip Motorsport.

Marquez lebih banyak terjatuh saat melakukan sesi latihan dan kualifikasi. Tahun ini Ia hanya terjatuh sebanyak 5 kali di luar balapan. Hal ini membuat catatan balapnya semakin mengilap dan dianggap telah lebih dewasa dalam memecahkan setiap masalah.

Ia juga mengatakan bahwa musim ini lebih bisa berkonsentrasi daripada sebelumnya. Dengan kondisi motor yang berbeda, Marquez bisa lebih fokus dalam mengembangkan performa kendaraannya.

“Tahun ini saya lebih sedikit terjatuh karena berhasil melakukan penyelamatan. Untuk mendapatkan hal ini, Anda harus lebih konsentrasi. Bukannya tahun lalu saya kurang konsentrasi, namun ini bicara soal pengalaman yang sangat membantu,” lanjutnya.

Catatan manis Marquez pada musim 2019, membuatnya kokoh bercokol di posisi teratas di klasemen sementara. Rekan satu tim Jorge Lorenzo ini mengungguli kompetitor terbesarnya dari Ducati yakni Andrea Dovizioso. Adapun selisih poin kedua pembalap saat ini mencapai 58 poin. [Dew/Idr]


Komentar