Marquez Menang Berkat Pilihan Mengejutkan Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Menang Berkat Pilihan Mengejutkan

Denny Basudewa
pada 02 Juli 2018

Foto: Marc Marquez

ASSEN – Marc Marquez melakukan pilihan tidak biasa dan mengejutkan yang membuatnya berhasil memenangkan balapan.

Pembalap asal Spanyol tersebut menjadi yang terdepan melintasi garis finis di sirkuit Assen, Belanda, berkat pilihan ban yang tepat. Marquez biasanya menggunakan ban berkompon hard pada balapan. Setidaknya pada ban belakang selalu lebih keras dari pada pembalap lainnya, bahkan membuat Valentino Rossi penasaran.

Pada MotoGP Assen 2018, Marquez memberi kejutan dengan memilih ban kompon soft pada saat lomba. Pilihannya tersebut sangat bertolak belakang dengan para pembalap lainnya. Hasilnya Marquez mampu memenangkan balapan dan membuatnya semakin kokoh di puncak klasemen.

“Balapan kali ini cukup aneh karena biasanya kami balapan dengan ban kompon hard dan orang lain memilih soft. Kali ini kebalikannya orang-orang memilih hard dan kami soft,” ujar Marquez.

Menurutnya dengan ban kompon soft, dirinya mampu tampil lebih baik di beberapa area sirkuit. Meskipun Marquez nyaris terjatuh karena kehilangan grip, namun pembalap Repsol Honda tersebut berhasil memenangkan balapan dengan persaingan yang sengit.

“Ini merupakan hal yang sukar dipercaya. Karena ban kompon soft menurut saya lebih bagus di beberapa area dan inilah yang menentukan pilihan kami,” jelasnya kemudian.

Marquez berhasil memenangkan persaingan sengit dengan beberapa pembalap yang menggunakan ban hard. Alex Rins dan Maverick Vinales yang menempati podium kedua dan ketiga memilih ban dengan kompon lebih keras daripada Marquez. [Dew/Ari]


Komentar