Marquez Kewalahan Kejar Lorenzo Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Kewalahan Kejar Lorenzo

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Juni 2018

BARCELONA - Marc Marquez sempat bersaing dengan Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya 2018. Namun, Ia kewalahan mengatasi kecepatan rekan barunya di musim depan itu.

Marquez melakukan start yang baik dan langsung memimpin balapan MotoGP Catalunya, Spanyol, kemarin (17/6/2018). Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama karena Lorenzo langsung mengambil alih posisi terdepan.

Sejak saat itu, Lorenzo terus berada di depannya. Bahkan, penunggang Ducati Desmosedici GP18 ini mampu menjauh dari Marquez. Pembalap Repsol Honda itu memang sempat mencatat waktu tercepat yaitu 1 menit 40,076 detik pada lap 7.

Tetapi, Lorenzo pun melakoni hal serupa. Satu lap berikutnya dia menajamkan kecepatan dan perolehan tercepatnya terjadi di lap 9 (1 menit 40,021 detik), sementara kecepatan Marquez tak kunjung konsisten.

Ketidakmampuan Marquez mengejar Lorenzo ini diyakini karena Ia menggunakan ban berkompon hard-hard. Alasannya memilih ban tersebut tentunya untuk mengatasi keausan grip di akhir lap karena aspal sirkuit yang sangat panas.

Namun, Lorenzo bersama ban soft-soft berhasil meninggalkannya sejak awal hingga balapan berakhir. Tercatat, Lorenzo memberikan gap sebanyak 4,479 detik dengan Marquez.

"Saya tidak melakukan start dengan baik. Jadi, saya harus tenang dan bisa mendahului mereka. Tapi, sulit untuk (langsung) menjauh. Marquez sempat mengejar, namun saya menekan lagi," ujar Lorenzo.

Ia memang tidak berkomentar ban yang dipakai memengaruhi penampilannya di MotoGP Catalunya. Tetapi, Lorenzo mengapresiasi kinerja tim Ducati Corse yang melakukan pengubahan dalam waktu singkat dan berbuah manis.

Sedangkan Marquez justru berujar pemilihan ban keras itu adalah pilihan tepat. Padahal, Ia tak bisa mendekati Lorenzo.

"Kami memilih ban yang benar. Meski begitu, tetap saja sulit. Hal terpenting adalah bisa meningkatkan keunggulan kami di kejuaraan," ucap Marquez.

Podium kedua di MotoGP Catalunya 2018 menambah keunggulan Marquez di klasemen MotoGP menjadi 115 point. Sementara posisi Lorenzo juga naik tiga peringkat dengan menghuni urutan ke-7  dengan 66 point. [Ary/Ari]


Komentar