Marquez dan Lorenzo akan Ditemani Crutchlow Hingga 2020 Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez dan Lorenzo akan Ditemani Crutchlow Hingga 2020

Denny Basudewa
pada 24 Agustus 2018

Foto: Cal Crutchlow

SILVERSTONE – Marc Marquez dan Jorge Lorenzo akan ditemani Cal Cruthlow di dalam trek, setelah pembalap asal Inggris ini menandatangani perpanjangan kontrak hingga akhir musim 2020 bersama Honda. 

Crutchlow pertama kali bergabung di LCR Honda pada 2015. Pria berusia 32 tahun tersebut mendapatkan kontrak langsung dari Honda Racing Corporation (HRC) pada 2017. Sejak saat itu, dirinya dipercaya untuk menjadi pembalap pabrikan Honda yang bernaung di tim LCR.

Kontribusi Crutchlow di Honda dirasakan sangat berfaedah. Pemilik nomor 35 tersebut mampu memberi masukan positif bagi Honda RC213V. Ia juga dianggap lebih baik daripada Dani Pedrosa yang selama ini menjadi acuan pabrikan motor berlambang Sayap Tunggal tersebut.

“Kami senang mengumumkan perpanjangan kontrak Cal. Tahun lalu kami mengontrak dia untuk 2018 dan 2019 sebagai pembalap pabrikan HRC. Tahun ini dia menunjukkan talenta kuat dan penampilannya, layak mendapat status sebagai pembalap pabrikan,” ujar Yoshishige Nomura, Presiden HRC.

Sebagai pembalap, Crutchlow memang berhasil membuat evolusi bagi RC213V. Ia dianggap lebih baik dari Pedrosa karena memiliki postur tubuh ideal. Sementara Pedrosa dianggap terlalu mungil sehingga kurang memberi masukan ideal.

Saat ini Crutchlow menempati peringkat delapan di klasemen sementara dengan raihan 103 poin. Hasil terbaik yang pernah Ia dapatkan adalah dengan memenangkan balapan di MotoGP Argentina 2018.

Crutchlow sendiri berpasangan dengan pembalap muda asal Jepang Takaaki Nakagami. Namun mantan pembalap Moto2 tersebut masih kesulitan beradaptasi dengan RC213V.

Peran Crutchlow sebagai pembalap pabrikan Honda juga bermanfaat bagi Marquez dan Lorenzo. Sementara Marquez yang muda dan memiliki hasrat menang tinggi, Lorenzo diyakini masih harus beradaptasi dengan Honda pada musim pertamanya. [Dew/Ari]


Komentar