Marquez Cetak Rekor Baru di MotoGP 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Cetak Rekor Baru di MotoGP 2018

Ary Dwinoviansyah
pada 22 Oktober 2018

MOTEGI - Marc Marquez tak hanya sukses mengawinkan dua gelar di MotoGP Jepang karena Ia juga mencetak rekor baru di MotoGP 2018.

Laga di Twin Ring Motegi, Jepang (21/10), menjadi akhir pekan yang menggembirakan bagi Marquez dan Honda. Selain finish terdepan, Marquez juga berhasil melakukan perayaan gelar juara dunia MotoGP 2018 lebih dini.

Ini menjadi gelar kelima Marquez di arena MotoGP. Pencapaiannya tersebut pun menyamai rekor legenda balap yakni Mick Doohan dan Giacomo Agostini . Di samping itu, Marquez juga membuat catatan baru atas namanya sendiri.

Marquez menjadi pembalap termuda yang meraih 5 gelar juara MotoGP dalam usia 25 tahun, 246 hari. Titel tersebut sekaligus menempatkannya sebagai pencatat tujuh gelar juara dunia di kejuaraan Grand Prix (GP).

Aksi 'Baby Alien' di musim ini pun cukup gemilang di mana Ia mampu mencetak dua kali hattrick di musim ini. Pertama adalah MotoGP Amerika (Austin), MotoGP Spanyol (Jerez) dan MotoGP Prancis (Le Mans). Kedua terjadi di seri MotoGP Spanyol (Aragon), MotoGP Thailand (Buriram) dan MotoGP Jepang (Motegi).

Prestasi lain juga dibuat pengguna nomor 93. Mulai dari torehan enam kali pole position di MotoGP Amerika, menorehkan sembilan kali kemenangannya saat gelaran MotoGP Jerman (Sachsenring), menjadi pemenang pertama MotoGP Thailand dan mengunci gelar juara dunia di MotoGP Jepang.

Meski begitu, pencapaian terbaik Marquez selama berkarir di MotoGP dibuatnya pada musim 2014. Di tahun keduanya tersebut, Marquez mampu mencetak 10 kemenangan beruntun. Musim itu pula dia meraih poin tertinggi sepanjang karirnya yakni 362 poin.

Ia masih berkesempatan memperpanjang torehan prestasi di sisa musim balapn tahun ini. Mulai dari seri MotoGP Australia (Phillip Island), MotoGP Malaysia (Sepang) dan MotoGP Spanyol (Valencia). [Ary/Ari]


Komentar