Marquez Berani Ambil Risiko di Aragon Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Berani Ambil Risiko di Aragon

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 24 September 2016

Foto: Marquez akan mempertahankan posisinya

ARAGON - Marc Marquez sangat percaya diri meraih podium teratas di seri MotoGP Aragon 2016, meski kemungkinan akan disalip pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang kian "sehati" dengan motornya.

Saat ini Marquez masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2016 atau selisih 43 poin dari Rossi. The Baby Alien akan ngotot untuk mengamankan posisinya meski perlu ambil risiko di Aragon.

Sementara The Doctor sendiri berharap dirinya mampu finish di podium teratas pada lima balapan tersisa demi mengejar titel juara dunia. Tapi rasanya akan sia-sia jika Marquez konsisten meraih poin di posisi kedua atau ketika pada seri sisa musim 2016. Entah apa yang akan dilakukan Marquez, sekedar dapat poin atau mengejar podium teratas.

"Poin sangat penting tapi juga penting untuk naik podium, jadi Anda harus mengambil risiko. Saya sudah melakukan kesalahan tahun lalu di sirkuit ini karena saya terlalu ngotot dan jatuh di lap pertama. Kami harus tenang tapi tentu saja harus ada motivasi, dan itu adalah karakter sirkuit yang saya suka," kata Marquez.

Marquez menjelaskan, pemilihan ban belakang menjadi kunci untuk meraih kemenangan seri Aragon. Dua kali kampiun kelas MotoGP kasta teratas itu berharap Michelin bisa menyokong aksinya pada balapan yang akan digelar akhir pekan ini. Pebalap Repsol Honda itu pernah menang dua kali di Aragon yaitu di kelas Moto2 pada 2011 dan MotoGP pada 2013.

"Soal ban belakang, saya berpikir adalah terpenting dalam balapan. Ban depan saya pikir juga menentukan untuk rider, namun ban belakang akan menjadi kunci untuk rider," tegas Marquez.

Pada sesi latihan digelar selama dua hari menjelang balapan, Marquez tidak terpikir mencoba ban asimetris di depan. Ia lebih memilih medium compound di depan dan belakang karena dinilai sangat cocok untuk kondisi lintasan. Namun kondisi ini bisa saja berubah menjelang balapan. [Ikh]

Sumber: Crash.net


Komentar