Marc VDS Punya Opsi Selain Suzuki Share this
MotoGP
Mode baca

Marc VDS Punya Opsi Selain Suzuki

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 09 Maret 2018

Foto: Tim Marc VDS punya beberapa pilihan motor pabrikan yang akan dipakai di MotoGP 2019.

LOSAIL - Tim Marc VDS ternyata punya opsi selain merapat ke pabrikan Suzuki. Michael Bartholemy selaku prinsipal tim mengaku bakal mengumumkannya beberapa bulan lagi.

Kontrak Marc VDS dengan Honda akan berakhir tahun ini. Untuk itu, Tim asal Belgia harus mencari motor anyar yang bisa dipacu musim depan. Suzuki disebut menjadi pabrikan yang meminati Marc VDS.

Selain itu, Suzuki juga harus memenuhi aturan Dorna Sports selaku penyelenggara balapan Grand Prix. Mulai musim 2019, seluruh pabrikan diwajibkan memiliki tim satelit.

Tahun ini pula akan menjadi momen penting bagi Marc VDS, terlebih jika mereka benar-benar berpisah dengan Honda. Padahal, Marc VDS sudah cukup lama menggunakan kuda besi dari mereka.

"Tahun ini akan ada beberapa berita penting. Pertama adalah debut Franco Morbidelli dan Thomas Luthi di MotoGP. Sementara dengan Honda telah terjadi beberapa perubahan sejak November 2017 lalu. Tapi, kami belum memutuskannya," kata Bartholemy.

Bartholemy mengaku sedikit kecewa dengan kontrak yang diberikan Honda. Padahal, menurut Bartholemy Marc VDS merupakan tim satelit yang kompetitif. Hanya saja mereka belum punya motor untuk musim balap 2019-2021.

"Ketika Honda menawari kami motor 2017 dan hanya setahun kontrak, saya sedikit kecewa dan mereka sudah menggantikan tempat kami," lanjutnya.

Untuk itu, Marc VDS sudah harus mencari pabrikan untuk bisa terus berkompetisi di MotoGP. Bartholemy menjelaskan ada beberapa pabrikan yang sudah mengajukan kerjasama.

"Kami sudah berbicara dengan lebih dari satu pabrikan, termasuk Suzuki. Kami harus melihat semuanya di meja dan mempelajari semua proposal dengan teliti. Target kami adalah menemukan mitra yang langgeng sampai 3 tahun. Kami akan melihat, siapa yang bisa menyakinkan kami lebih banyak," terang Bartholemy.

Dia juga menyebut keputusan akan dibuat pada Maret 2018. Sementara kesepakatan antara kedua belah pihak bisa diumumkan antara April atau Mei 2018.[Ary/Ari]


Komentar