Marc VDS Kandidat Kuat Jadi Tim Satelit MotoGP Suzuki Share this
MotoGP
Mode baca

Marc VDS Kandidat Kuat Jadi Tim Satelit MotoGP Suzuki

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 01 Maret 2018

BURIRAM - Suzuki terus menggiatkan pengembangan kuda besi mereka, GSX-RR di MotoGP. Tim ini juga memastikan diri untuk menggandeng rekan baru menjadi tim satelit mereka.

Suzuki bersiap diri menyikapi kebijakan Dorna Sports tahun depan. Pasalnya, penyelenggara MotoGP itu mewajibkan setiap tim pabrikan memiliki tim satelit.

"Target utama kami adalah memiliki tim satelit untuk 2019. Ini tinggal masalah menemukan sumber yang tepat. Saya sangat optimis bisa dan itu sudah sejak tahun lalu," kata Davide Brivio, Manajer tim Suzuki Ecstar.

Menurutnya, pihak Suzuki tidak punya banyak waktu untuk memutuskan siapa yang bakal menggunakan Suzuki GSX-RR. Hal ini tampaknya akan diputuskan setelah musim MotoGP 2019 dimulai.

"Kami harus membuat keputusan dalam beberapa bulan ke depan, sejak musim ini dimulai. Tim satelit ini nantinya akan banyak membantu kami dalam pengembangan motor, mendapatkan lebih banyak data dan kami juga bisa melakukan development dengan cara berbeda dalam waktu bersamaan," terang Brivio.

Brivio mengatakan kemitraan tim pabrikan dengan tim satelit bisa saja seperti yang sudah dilakukan tim lain. Mulai dari Ducati dengan Pramac Racing atau Honda bersama LCR Honda karena pembalap satelit berkesempatan menunggangi motor serupa dengan milik tim pabrikan.

Pertanyaannya adalah siapa kah yang akan menjadi tim satelit Suzuki? Tim Tech3 diduga kuat akan merapat ke KTM. Sementara itu, tim seperti Angel Nieto dan Avintia Racing bisa jadi masuk squad Yamaha setelah tahun depan tidak lagi bersama Tech3. Tim Marc VDS berpeluang mengisi jatah tim satelit Suzuki. Apalagi, kerjasama mereka dengan Honda akan berakhir tahun ini.[Ary/Ari]


Komentar