Magneti Marelli Pamer Lampu Pintar Buat Mobil Otonom Share this

Magneti Marelli Pamer Lampu Pintar Buat Mobil Otonom

Ary Dwinoviansyah
pada 30 Desember 2018

CORBETTA - Magneti Marelli akan memamerkan pengembangan terbaru dari lampu pintar mereka yang sangat cocok diterapkan pada mobil-mobil otonom.

Di ajang Consumer Electronic Show (CES) Januari 2019, Magneti Marelli datang dengan salah satu kreasi anyarnya terkait sistem penerangan kendaraan. Produk tersebut juga diklaim punya teknologi tinggi dan pintar dalam menunjang kinerja mobil otonom.

Melalui produk ini pula Magneti Marelli coba unjuk gigi perihal komunikasi antar kendaraan, dengan pemilik mobil hingga lingkungan sekitar. Di dalam tubuh rampingnya juga terdapat teknologi canggih, sehingga layak disebut lampu pintar.

Itu lantaran adanya teknologi Smart Corner. Meski bukan fitur baru, namun Smart Corner ketiga garapan Magneti Marelli tersebut memudahkan produsen mobil otonom untuk menggunakannya pada produk mereka. Smart Corner memungkinkan lampu memberikan pandangan di sekitar kendaraan sebanyak 360 derajat.

Menariknya, fitur yang bekerja melalui sensor itu tidak hanya terdapat pada lampu depan saja. Pasalnya, pihak produsen juga menerapkan fungsi serupa pada lampu belakang. Sebagai kesiapannya memproduksi secara massal, produk ini juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan mobil-mobil otonom yang mengandalkan radar, kamera atau bahkan gelombang ultrasonic.

Artinya, Magneti Marelli memang membuatnya plug and play. Bahkan, Magneti Marelli mengklaim pengaplikasiannya sangat mudah karena lampu mereka bekerja tanpa hardware yang rumit.

Sebagai penunjang lain, lampu ini juga punya item active matrix organic light-emitting diode (AMOLED) yang ditempatkan pada grill depan dan belakang. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan alat pemantau pada mobil otonom dalam mendeteksi obyek, terutama malam hari.

Magneti Marelli juga menjadi produsen pertama yang melahirkan lampu berkapasitas 1,3 juta pixel di dunia. Ditambah lagi, lampu dengan kombinasi teknologi LED dan laser itu menghasilkan jangkauan sinar lebih dari 600 meter. Dan, lampu tersebut juga bisa menjadi penggambaran wujud suasana hati sang pemilik mobil otonom. Seperti apa cara kerjanya, tunggu saja saat perkenalannya 6 Januari 2019 mendatang. [Ary/Ari]


Komentar