Lotus Exige Sport 380 "Supercar Killer" Share this
Mobil Baru
Mode baca

Lotus Exige Sport 380 "Supercar Killer"

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 24 November 2016

Foto: Lotus Exige Sport 380

LONDON - Lotus telah mengungkapkan new Exige Sport 380 di Tanah Kelahirannya. Ini adalah versi Lotus Exige paling agresif yang didasarkan pada Sport 350.

Perusahaan otomotif asal Inggris tersebut mengklaim, new Lotus Exige Sport 380 lebih rendah dan aerodinamis dari Lotus Exige lain. Keuntungan lain dari mobil ini adalah hanya memiliki bobot kosong 1.066kg atau turun 26,3 kg dari Sport 350.

Penurunan bobot tersebut berkat menggunakan new front splitter, revisi front access panel, new rear wing dan new rear diffuser berbahan titanium.

Lotus Exige Sport 380 Tampak belakang Lotus Exige Sport 380

Didesain sebagai roadster, Lotus membuat bentuk body-nya tidak berubah signifikan dari deretan Lotus Exige lain. Perbedaan hanya pada bumper depan dan bagian belakang. Untuk membuatnya lebih cerah, mobil harus menggunakan tiga warna silver, hitam dan merah.

Lotus Exige Sport 380 dipersenjatai mesin konfigurasi V6 supercharged 3.5-liter mampu menyemburkan tenaga 370 hp dan torsi 410 nm. Di atas kertas, mobil sport ini mampu bergerak dari titik diam sampai 100 kpj dalam hitungan waktu 3,5 detik (baik tipe transmisi manual dan otomatis).

Kemampuannya menyamai supercar seperti Ferrari dan Lamborghini. Jadi tidak berlebihan jika disebut sebagai Supercar Killer. Sementara itu, dalam uji internal dilakukan Lotus, Exige Sport 380 mampu mencapai kecepatan maksimal 286 kpj.

Guna meningkatkan kenikmatan berkendara, Lotus Exige Sport 380 telah menggunakan suspensi Eibach di depan dan belakang. Suspensi ini sudah disesuaikan dengan karakter Lotus Exige Sport 380 yang liar sehingga meningkatkan mobil saat keluar-masuk tikungan dalam kecepatan tinggi.

Lotus Exige Sport 380 Interior Lotus Exige Sport 380

Di interior, jok model sport terbuat dari serat karbon dibalut bahan Alcantara siap "memeluk" tubuh pengendara dan penumpang. Bahan serat karbon juga bisa Anda temukan di sill plate.

Didesain untuk menjegal supercar ternyata tidak semahal yang kita bayangkan. Lotus Exige Sport 380 dijual Rp 1,2 miliar saja. [Ikh]


Komentar