Lorenzo Tersenyum Bahagia Usai Jalani Balap Terakhir Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Tersenyum Bahagia Usai Jalani Balap Terakhir

Denny Basudewa
pada 18 November 2019

Foto: Jorge Lorenzo

VALENCIA – Jorge Lorenzo menuntaskan balapan terakhirnya di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu, 17 November 2019.

Seperti diketahui, Lorenzo memutuskan untuk pensiun jelang rangkaian seri MotoGP Valencia 2019. Pembalap asal Spanyol tersebut mengakui sulit untuk tampil kompetitif karena kondisi fisiknya. Rentetan kecelakaan yang Ia alami sebelumnya membuat pembalap berjuluk X-Fuera ini gagal tampil maksimal.

Menjalani balapan terakhirnya di MotoGP Valencia 2019, Lorenzo hanya mampu finish di posisi ke-13. Pembalap berumur 32 tahun tersebut finish 51 detik, di belakang Marc Marquez yang memenangkan balapan.

Meskipun tidak memberikan hasil positif di balapan terakhirnya, Lorenzo tetap tersenyum bahagia dan merasa merdeka. Mantan pembalap Yamaha tersebut menyudahi karirnya di MotoGP dengan catatan 68 kemenangan, 69 pole position, 152 podium dan lima kali juara dunia.

“Saya sangat bahagia dan merasa bebas. Ketika melintasi garis finish, saya seketika merasa bebas karena saya menyudahi karir dengan kondisi sehat, masih muda dan masih memiliki banyak peluang untuk menikmati hidup,” tutur Lorenzo usai lomba.

Ia mengatakan bahwa hidup hanya satu kali sehingga harus dinikmati sebaik-baiknya. Setelah pensiun, Lorenzo tidak lagi terbebani oleh target-target tim seperti yang biasa Ia alami sebagai pembalap profesional.

“Kemarin saya membayangkan bagaimana rasanya tidak lagi terbebani oleh tekanan-tekanan. Namun saat di lintasan saya mendapat tekanan pada saat start, karena pada lap pertama trek masih licin dan sangat sulit untuk tidak membuat kesalahan,” jelasnya kemudian.

Lorenzo menyudahi balapan terakhirnya dengan memaksa motornya hingga limit. Hasil akhir yang Ia bukukan merupakan terbaik dari kemampuannya saat ini. Selamat beristirahat dan menikmati hidup Lorenzo, kiprahmu di MotoGP akan selalu menjadi panutan pembalap muda. [Dew/Idr]


Komentar