Lorenzo Samai Pencapaian Rossi di MotoGP Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Samai Pencapaian Rossi di MotoGP

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 06 Juni 2018

TUSCAN - Jorge Lorenzo kabarnya sudah menandatangi kontrak dengan tim Repsol Honda dan juga menyamai pencapaian Valentino Rossi.

Spekulasi mengenai kelanjutan karir Lorenzo di MotoGP terus berkembang. Kabar terakhir adalah dia akan terlibat dalam proyek tim satelit Yamaha yang akan didukung oleh Petronas.

Namun, tim pabrikan tetap menjadi prioritas Lorenzo. Tim Repsol Honda yang harus kehilangan Dani Pedrosa setelah MotoGP 2018 sudah menyiapkan Lorenzo sebagai pengganti. Justru kesepakatan antara Repsol keduanya sudah terjadi sebelum pengumuman mundurnya Pedrosa.

Wajar jika pemberitaan mengenai Lorenzo ke Repsol Honda menjadi berita utama. Honda dituliskan mengontrak Lorenzo selama 2 tahun (2019-2020) dengan nilai kontrak sebesar 4 juta Euro (setara Rp 64,90 miliar) per musim. Keterangan resmi tentang hal ini diduga bakal terjadi dalam waktu dekat.

Sejak dimulainya MotoGP 2018, Honda Racing Corporation (HRC) gencar mencari pembalap baru. Hal tersebut memperkuat sinyal bahwa Pedrosa akan hengkang dari Honda. Mulai dari pendekatan dengan Johann Zarco, Andrea Iannone, Jack Miller hingga coba mengajak rookie Moto2 yaitu Joan Mir. Akan tetapi, Pilihan akhirnya jatuh kepada Lorenzo.

Dengan begitu, selama berkarir di MotoGP Lorenzo sudah membalap dengan tiga tim pabrikan berbeda yaitu Yamaha, Ducati dan Honda. Pencapaian yang juga pernah dilakoni Valentino Rossi sebelumnya. Keberadaan Lorenzo di Honda ini juga sepertinya menjadi pengharapan Marc Marquez.

Kali itu, Marquez pernah menyinggung ingin punya rekan setim yang kuat. Soal prestasi, Lorenzo merupakan pemegang titel juara dunia MotoGP 3 kali (2010, 2012 dan 2015). Artinya, Honda punya dua juara dunia di paddock mereka musim depan. Marquez sendiri sudah mencetak 4 gelar juara dunia MotoGP (2013, 2014, 2016, 2017) bersama Honda. [Ary/Ari]


Komentar