Lorenzo Lebih Baik Ketimbang Rossi Ketika di Ducati Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Lebih Baik Ketimbang Rossi Ketika di Ducati

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 04 Juni 2018

TUSCAN - Jorge Lorenzo tidak hanya membuktikan kualitasnya kepada fans Ducati Corse, Ia juga mencatat prestasi lebih baik saat bersama tim ini ketimbang Valentino Rossi.

MotoGP Mugello, Italia pekan lalu (3/6/2018) menjadi panggung bagi tim Ducati karena kedua pembalap mereka berhasil naik podium. Namun, kemenangan itu menjadi sangat berarti bagi Lorenzo karena dia berhasil memberi kemenangan pertama untuk Ducati.

Sejak bergabung 2017 lalu, Lorenzo memang belum terlalu padu dengan Desmosedici GP18. Meski begitu, di tahun pertamanya, Lorenzo sudah menyumbangkan tiga podium. Sementara pada tahun kedua (2018), Ia mampu menjuarai MotoGP Mugello yang notabene home race para tim Italia seperti Ducati.

Meski begitu, pencapaian Lorenzo ini nyatanya lebih baik dibanding ketika Rossi membela Ducati. Satu faktor pembandingnya adalah karena mereka berasal dari tim yang sama yakni Yamaha. Mereka tentu butuh adaptasi lantaran kedua motor punya karakter berbeda. Belum lagi masing-masing juga harus menyesuaikan gaya balap terhadap motor.

Lorenzo keluar dari Yamaha setelah bergabung 9 tahun (2008-2016) untuk pergi Ducati. Sementara Rossi sempat hengkang setelah 7 tahun (2004-2010) bersama Yamaha, meski dia masih punya kesempatan kembali ke tim garputala itu.

Pada musim 2011, Rossi naik podium (juara 3) pertama kali di MotoGP Le Mans, Prancis. Namun, itu adalah satu-satunya podium yang dibuatnya sepanjang musim. Persaingannya bersama Ducati pada 2012 lebih baik. Rossi kembali naik podium di Prancis sebagai runner up. VR46 juga menambah koleksi di sirkuit Misano juga sebagai penghuni podium kedua.

Akan tetapi, Rossi tetap tidak mampu memberikan kemenangan bagi Ducati. Lain halnya yang ditampilkan Lorenzo di Mugello kemarin. Banyak anggapan menyebut, Desmosedici sekarang lebih baik daripada generasi terdahulu termasuk yang sempat ditunggangi Rossi (GP11 dan GP12).

Kedatangan Gigi Dall'Igna disebut memicu terjadinya evolusi Desmosedici. Ducati bahkan pionir penggunaan winglet yang kini menjadi 'perhiasan' wajib kuda besi petarung MotoGP.

Ducati juga melakukan pengembangan lain agar motor mereka kian ramah bagi pembalapnya, termasuk pembenahan tangki bensin pada motor Lorenzo. Hal ini pula yang diakui Lorenzo memengaruhi performanya ketika memenangkan MotoGP Mugello. Walau Dia juga belum tahu apakah Ducati akan tetap mempertahankannya atau tidak untuk musim depan. [Ary/Ari]


Komentar