Lorenzo Ingin Berikan Ducati Kado Terakhir di Valencia Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Ingin Berikan Ducati Kado Terakhir di Valencia

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 16 November 2018

Foto: Lorenzo melakukan perpisahan dengan tim Ducati Corse.

VALENCIA - Jorge Lorenzo berharap bisa memberikan kemenangan terakhir untuk tim Ducati Corse di MotoGP Valencia, Spanyol akhir pekan ini.

Lorenzo tampaknya tak mau melewatkan seri pamungkas MotoGP 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo. Apalagi, ini adalah balapan terakhirnya bersama Ducati. Ditambah lagi Ia juga sudah empat seri beruntun absen berkompetisi.

"Saya akan belapan di hari Minggu (18/11). Kondisi saya sangat baik dan bisa mengendarai motor," katanya kemarin (16/11).

Sebenarnya Lorenzo sudah mencoba beberapa kali untuk tampil. Terakhir adalah ketika Ia memaksakan turun di MotoGP Sepang, Malaysia. Tapi, Lorenzo memilih mundur karena merasa tak bisa bersaing di depan. Di sana, dia memprediksi hanya bisa finish ke-10 atau 15 dan itu tidak cukup.

Usai itu, kondisi Lorenzo terus membaik dan tak ada alasan lain untuk kembali absen. Apalagi, Lorenzo sangat ingin memberikan kado terakhir untuk Ducati karena tahun depan Ia bakal hijrah ke tim Honda. Tapi, dia juga berharap balapan berlangsung dalam kondisi hujan.

"Saya merasa cukup baik untuk coba mencapai hasil terbaik untuk tim. Ini adalah balapan yang emosional karena menjadi penutup tahapan penting bagi karir saya. Mungkin hujan akan membantu saya untuk tidak terlalu merasakan cedera yang saat ini memasuki fase pemulihan terakhir. Saya tidak sabar untuk menaiki motor," papar Lorenzo.

Karir balap Lorenzo di Ducati selama 2 tahun terakhir memang jauh dari harapan saat didatangkan dengan status sebagai juara dunia MotoGP. Di musim pertama (2017), X-Fuera hanya naik dua kali podium dengan pencapaian di urutan ke-7 klasemen. Penampilannya di 2018 lebih baik di mana Lorenzo mampu memenangkan tiga balapan di Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol) dan Spielberg (Austria).

Namun, beberapa kegagalan menyebabkannya pulang tanpa poin. Dilanjutkan lagi dengan cedera yang membuatnya absen mulai dari seri Buriram (Thailand), Motegi (Jepang), Phillip Island (Australia) dan Sepang (Malaysia).

Di klasemen saat ini, Lorenzo ada di posisi ke-10. Urutannya bisa terdongkrak naik jika Andrea Iannone dan Danilo Petrucci tak mendulang poin maksimal. Apalagi, di seri terakhir ini Cal Crutchlow yang mengisi tempat ke-7 absen karena cedera.

Bagi pembaca setia Otospirit.com, jangan lewatkan kuis tebak juara MotoGP Valencia 2018 dengan hadiah total Rp 5 juta. [Ary/Ari]


Komentar