Lorenzo Bisa Juara Dunia MotoGP 2018, Ini Syaratnya Share this
MotoGP
Mode baca

Lorenzo Bisa Juara Dunia MotoGP 2018, Ini Syaratnya

Denny Basudewa
pada 25 Juni 2018

Foto: Jorge Lorenzo

JAKARTA – Jorge Lorenzo bisa saja meraih gelar juara dunia MotoGP 2018, jika dirinya memenangkan sisa balapan musim ini.

Lorenzo baru saja memenangkan dua balapan MotoGP secara berturut-turut. Hal ini membuatnya kembali menjadi bahan perbincangan banyak orang. Namanya mulai dikait-kaitkan dengan gelar juara dunia MotoGP 2018.

Lorenzo yang memutuskan pindah dari Yamaha ke Ducati pada awalnya diragukan banyak pihak. Pembalap berjuluk Por Fuera ini dianggap akan mengikuti jejak Valentino Rossi yang gagal bersama Ducati.

Pada musim pertamanya bersama Ducati, Lorenzo terbukti mengalami kesulitan dalam mengembangkan performanya. Juara dunia MotoGP tiga kali tersebut bahkan tidak memenangkan satupun balapan, dengan mengesampingkan kasus team order pada MotoGP Malaysia 2017.

Bergulirnya MotoGP 2018, Lorenzo masih berkutat dengan masalah pada Ducati Desmosedici miliknya. Kabar Lorenzo yang akan didepak oleh Ducati terus bergulir dan kian sering terdengar. Bahkan pihak tim sendiri dikabarkan mengultimatum pembalapnya tersebut, jika tidak kunjung berprestasi.

Lorenzo sendiri terus melakukan improvisasi untuk membuatnya nyaman ketika balapan berlangsung. Barulah pada MotoGP Mugello 2018, Ia mendapat setingan terbaik pada tunggangannya.

Dengan melakukan sedikit ubahan pada bagian tangki, Lorenzo seolah mendapatkan energi baru. Pria kelahiran Mallorca, Spanyol tersebut berhasil mendominasi jalannya balapan dan akhirnya memenangkan balapan di depan para fans setia Ducati.

Euforia kemenangan Lorenzo berlanjut di MotoGP Catalunya 2018. Ia mendominasi jalannya lomba sejak awal tanpa persaingan yang berarti. Bahkan Marc Marquez yang biasanya tampil ngotot, justru ketinggalan cukup jauh dari Lorenzo.

Dengan dua kemenangan berturut-turut, Lorenzo kini bertengger di urutan ketujuh di klasemen sementara dengan total raihan 66 poin. Dengan sisa balapan sebanyak 12 seri, Lorenzo mulai dikait-kaitkan dengan calon peraih gelar juara dunia 2018.

Secara matematis, sisa 12 balapan pada MotoGP 2018 menyisakan total 300 poin bagi pemenang di tiap serinya. Jika digabungkan dengan raihan Lorenzo saat ini, Ia bisa saja menjadi juara dunia musim 2018. Dengan catatan Lorenzo harus memenangkan 12 balapan ke depannya.

Jika Lorenzo memenangkan sisa 12 balapan mendatang, maka total raihannya adalah 366 poin. Hasil ini akan menggusur Marquez yang saat ini bertengger di puncak klasemen, dengan 115 poin.

Meskipun Marquez secara konstan finish di tempat kedua selama 12 balapan, total raihannya hanya 355 poin. Namun hal ini hanyalah hitungan kasar secara matematis. Karena dalam balapan semua dapat terjadi seperti cuaca yang tidak mendukung atau berubah-ubah.

Kecelakaan pada saat menjalani balapan, bukan tidak mungkin akan menggugurkan niat Lorenzo, untuk menjadi juara dunia MotoGP 2018 bersama Ducati Corse. Balapan selanjutnya akan digelar di sirkuit Assen, Belanda. [Dew/Ari]


Komentar