Lister LFT-C, Supercar Paling Kencang & Bertenaga Share this
Mobil Baru
Mode baca

Lister LFT-C, Supercar Paling Kencang & Bertenaga

Indra Prabowo
pada 20 Maret 2019

Foto: Lister LFT-C

BLACKBURN – Para pecandu supercar tak boleh melewatkan Lister LFT-C yang diklaim merupakan supercar atap-terbuka (open-top) paling kencang dan bertenaga sepanjang sejarah Lister Company.

Lister LFT-C berbasis Lister LFT-666 coupe. Lister LFT-666 sendiri menggunakan platform Jaguar F Type.

Sentuhan-sentuhan eksklusif yang diberikan oleh Lister Company berupa panel-panel tubuh yang terbuat dari serat-karbon, bumper depan, splitter depan, diffuser belakang, rear lip spoiler, wheel arches belakang yang bertambah, grille berdesain baru, serta roda alloy ringan berbalut ban Michelin.

Lister membenamkan mesin 5.0-liter V8 supercharger dengan lontaran tenaga 666 BHP (675 HP) sama seperti performa LFT-666. Akselerasi mobil dari 0-100 km/jam dituntaskan sekitar 3 detik. Kecepatan masimalnya mencapai 330 km/jam. Mesin LFT-C dan LFT-666 diambil dari Jaguar F Type namun telah diracik ulang.  

Lister juga meningkatkan sistem suspensi dan pengereman dan menambahkan sistem knalpot yang sesuai pesanan (bespoke) untuk meningkatkan suara mesin V8 agar bekerja sempurna dengan kendaraan kokpit terbuka.

Setiap LFT-C akan dibangun sesuai dengan permintaan pelanggan, dari desain roda hingga pengecatan. Interiornya menambah tingkat kemewahan unik yang sepenuhnya dihias-ulang, dibuat dengan tangan dari kulit Nappa Inggris terbaik yang diambil dari Bridge of Weir Leather.

Lister LFT-C akan diproduksi hanya 10 unit dan setiap unit akan dinomori yang bisa terlihat di pelat silver di mesin. Nah, mengenai harganya £139,000 atau sekitar IDR 2,6 miliar.

Sejarah Lister Company diawali dari dunia balap. Lister merupakan mobil balap sport paling sukses di Inggris tahun 1950-an. Ia menang di hampir setiap sirkuit di Inggris dan hampir tidak ada duanya di Inggris, luar negeri dan di Amerika Serikat.

'Cars from Cambridge' dirancang, dan dibangun oleh Brian Lister. Sebagai pengemudinya Archie Scott Brown mendominasi balapan di saat itu. Bahkan prestasi Lister berlanjut ketika sang legenda Stirling Moss berada di balik kemudi. [Idr]

 

 


Komentar