Linux, Sistem Infotainment Terbaru New Toyota Camry Share this

Linux, Sistem Infotainment Terbaru New Toyota Camry

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 05 Juni 2017

Foto: Sistem infotainment new Toyota Camry

TOYOTA CITY - New Toyota Camry akan menjadi model pertama yang akan mengusung sistem infotainment berbasis Linux terbaru untuk pasar Amerika Serikat.

Selama ini Toyota selalu menentang penggunaan sistem infotainment berbasis Android Auto dan Apple Car Play untuk pasar AS. Hal tersebut dilakukan karena tidak sesuai dengan strategi data pengguna dari pihak Google dan Apple.

Oleh karena itu, produsen mobil asal Jepang ini akan segera mengadopsi platform Automotive Grade Linux (AGL). Platform infotainment ini diyakini memiliki software yang sangat mudah untuk kustom sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selama ini Toyota telah menjadi salah satu dari 10 produsen mobil global lainnya yang bekerjasama dengan supplier dan perusahaan teknologi dalam mengembangkan platform AGL. Produsen mobil asal Jepang ini telah bekerjasama dengan Mazda, Suzuki, Daimler dan masih banyak lagi untuk mengembangkan platform ini.

Dengan adanya kerjasama tersebut, platform berbasis Linux ini diharapkan dapat diproduksi dengan cepat, murah dan mampu menjadi standart platform infotainment. Platform ini tidak membutuhkan sistem kode khusus seperti yang digunakan oleh platform lainnya sehingga mudah diaplikasikan di setiap model kendaraan.

Platform AGL ini juga memiliki keunggulan lain, yaitu mampu mendukung kinerja mobil otonom dan terkoneksi. Jika platform ini menjadi standar setiap pabrikan mobil, dipastikan beragam mobil masa depan akan segera hadir di pasar global.

New Toyota Camry

New Toyota Camry diprediksi akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang dengan mengusung sistem infotainment berbasis AGL terbaru. Platform ini akan segera disematkan dalam model Toyota dan Lexus untuk pasar global. [Amo/Ikh]


Komentar