Lincah Hadir Saingi Gesits Sebagai Skuter Listrik di Indonesia Share this
Motor Konsep
Mode baca

Lincah Hadir Saingi Gesits Sebagai Skuter Listrik di Indonesia

Denny Basudewa
pada 31 Januari 2019

JAKARTA – Lincah Group yang dinaungi oleh PT Fresindo Utama memperkenalkan produk terbarunya yakni Lincah sebagai skuter bertenaga listrik.

Setelah kehadiran Gesits yang sempat heboh beberapa waktu silam, kini hadir pesaing terbarunya yang dinamakan Lincah. Kedua motor bertenaga listrik tersebut menggunakan model skuter dengan bentuk yang imut.

Motor listrik ini merupakan hasil rancangan anak negeri yang diproduksi di Tanah Air. Dikatakan bahwa proses perakitan kendaraan ini dilakukan di Kawasan Pusat Industri Kecil (PIK), Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Motor listrik buatan Indonesia tersebut memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 60 persen. Adapun komponen kendaraan yang saat ini diproduksi di dalam negeri meliputi motor penggerak, baterai packer, controller, desain dan ban.

“Saat ini kami masih terus mencoba memproduksi lebih banyak komponen lokal. Fokus kami adalah pada dinamonya karena itulah yang menentukan kendaraan akan berfungsi dengan baik dan sesuai. Sepedamotor listrik sendiri ke depannya akan terus berkembang seiring perkembangan jaman,” ucap Kristian Sutikno, Business Development Lincah Group pada acara diskusi Masyrakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia di BSD City, Tangerang (30/01/2019).

Lincah yang dipamerkan pada acara tersebut masih merupakan prototipe. Pihak Lincah Group hingga saat ini masih mengurus ijin terkait produksi kendaraan. Kristian juga menjelaskan seluruh prosesnya akan rampung dalam waktu dekat.

“Ijin produksi sedang dikerjakan dan mengarah ke sana. Realisasinya mungkin sudah 40 persen. Pabrik sendiri berdiri di atas lahan seluas 800 meter persegi dan kira-kira dalam satu tahun dapat memproduksi 10 ribu unit,” jelas Kristian kemudian.

Lincah sendiri dikatakan mengandalkan dua buah baterai yang berkerja secara bergantian. Kapasitas baterai tersebut masing-masing 1 kWh. Satu baterainya disebut-sebut bisa menempuh 60 kilometer. Motor ini membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam untuk mengisi baterainya hingga penuh. [Dew/Ari]


Komentar