Tips Videografi Mobil Agar Lebih Menarik

videografi
Membuat video mobil menarik dengan mudah

JAKARTA – Di era saat ini, video merupakan salah satu media yang paling sering dinikmati banyak orang. Namun, untuk dapat membuat video menarik dapat dilakukan dengan kamera harga Rp 5 jutaan.

Pertama kali mendengar kata videografi, kebanyakan orang memprediksi membutuhkan uang dalam jumlah besar untuk dapat melakukan hobi atau profesi tersebut. Pada kenyataannya seiring dengan perkembangan teknologi, membuat video tidak selalu membutuhkan perlengkapan bernilai puluhan atau ratusan juta.

Berbagai kamera saat ini telah dilengkapi dengan fitur video di mana memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengabadikan gambar bergerak. Salah satu contoh yaitu kamera Canon EOS 600D dengan lensa kit 18-105mm saja sudah cukup untuk dapat membuat video yang menarik.

Kali ini Otospirit mengulas tips videografi dengan objek mobil. Ini berguna bagi Anda yang ingin mengabadikan mobil melalui kamera dalam bentuk video.

1. Kenali kamera
Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Anda harus mengenal lebih jauh apa kelebihan dan kekurangannya.

Seperti diafragma lensa, batasan ISO dan white balance pada setiap kamera, sehingga Anda harus lebih cermat dalam menggunakannya.

2. Kenali obyek yang akan diambil gambarnya
Objek mobil menjadi daya tarik tersendiri. Untuk dapat mengabadikannya dengan menarik, Anda perlu memperhatikan bagian mana saja yang menjadi kelebihan dan keunikan obyek tersebut. Gunanya, ketika Anda menggambil gambar dapat menonjolkan sisi menarik dari obyek tersebut.

3. Buat alur cerita dan mencari refrensi
Cerita merupakan salah satu aspek utama dalam videografi. Sebelum proses pengambilan gambar, disarankan untuk mencari video refrensi.

Video refrensi dapat mempermudah Anda dalam proses pengambilan gambar jika Anda tidak ada waktu lebih untuk membuat alur cerita sendiri.

4. Perhatikan kondisi lokasi dan komposisi
Sebelum melakukan proses pengambilan gambar, perhatikan kondisi tempat pengambilan gambar dan komposisi. Komposisi sangat penting karena aspek keindahan suatu gambar berasal dari komposisi. Jika memungkinkan, usahakan agar karakter kendaraan sesuai dengan tema lokasi.

5. Proses pengambilan gambar
Sebelum mulai mengambil gambar periksa kembali pengaturan kamera Anda antara lain: kondisi baterai, kapasitas memory card, mode kamera (auto, manual,dll), resolusi video (1080,720,dll), sistem fokus lensa (manual ataotomatis), shutter speed, diafragma, ISO dan white balance diatur sesuai dengan selera namun disarankan agar tidak terlalu terang (over) atau gelap (under) dan warna gambar tidak terlalu merah ataupun biru.

Ada berbagai macam teknik dalam proses pengambilan gambar pada video. Teknik pengambilan gambar dengan long shot, medium shot, close-up dan extrim close-up dapat dikombinasikan untuk menghasilkan gambar terbaik.

Pergerakan kamera juga memiliki nilai tambah dalam proses pembuatan video, antara lain: – Teknik panning: teknik di mana kamera begerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya – Tilt up atau tilt down: teknik di mana kamera bergerak dari bawah ke atas atau sebaliknya – Tracking: teknik di mana kamera mendekat dan menjauh dari obyek – Following shot: teknik di mana kamera mengikuti pergerakan obyek – Zooming: teknik di mana lensa di putar sehingga obyek terlihat lebih besar.

Selain itu sudut pengambilan gambar juga berpengaruh terhadap hasil video. Ada berbagai pilihan sudut pengambilan gambar, antara lain normal angle atau sejajar dengan mata, high angle atau lebih tinggi dari obyek dan low angle atau lebih rendah dari obyek.

Perlu dicatat juga bahwa pemilihan sudut tersebut memberikan kesan yang berbeda-beda. Jika diperlukan gunakan tripod atau monopod untuk mengurangi getaran dari tangan.

6. Editing
Setelah melakukan proses pengambilan gambar, Anda akan melakukan proses penyatuan gambar atau lebih sering disebut proses editing. Pada proses ini Anda memiliki kebebasan untuk dapat berkreasi dengan menggabungkan hasil-hasil gambar tersebut dengan lagu yang sesuai.

Semoga tips-tips tersebut dapat berguna dan membantu Anda. Selamat berkreasi dengan kamera Anda. [Amo/Ikh]